almatuq.sch.id – Masih dalam suasana transisi kepengurusan organisasi, para pengurus OSMA bersama teman-teman lainnya dari kelas 2 MA langsung mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK). Terhitung satu hari setelah pelantikan OSMA pada tanggal 24 Juli kemarin, kegiatan LDK bagi seluruh santri kelas 2 MA langsung diselenggarakan selama dua hari.

Para peserta LDK mengawali latihan ini dengan qiyamullail bersama. Kemudian di pagi hari hingga sore para peserta menyimak materi-materi yang sangat berharga. Harapannya materi-materi yang telah dipelajari oleh para peserta menjadi pegangan pengurus OSMA untuk menyokong mereka dalam menjalankan kepengurusan selama satu periode ke depan.

Materi-materi tersebut mencangkup soal kepemimpinan, dasar-dasar organisasi, manajemen keuangan, penyuratan dan proposal, teknis persidangan, soisalisasi tentang HI dan OSMA serta dilanjutkan dengan diskusi bersama pada malam harinya. LDK tahun ini berlangsung selama dua hari dan ditutup diskusi malam pada malam kedua LDK.

Itulah mater-materi yang rutin diberikan kepada setiap pengurus baru. Namun pada LDK kali ini ada sedikit perbedaan. Para peserta LDK tahun ini tidak hanya diberikan materi-materi, melainkan para peserta juga melaksanakan simulasi persidangan.  Hal ini tentu dimaksudkan untuk membantu peserta memahami persidangan lebih dalam. Pasalnya, setelah LDK selesai mereka akan menyelenggarakan rapat kerja OSMA 2022-2023 sementara rapat kerja pada keesokan harinya adalah kali pertama bagi para pengurus OSMA.

Meski begitu, semangat para pengurus OSMA patut diacungi jempol. Pagi hari tanggal 27 Juli para pengurus OSMA sudah memenuhi kembali Aula Fahd untuk mengadakan Rapat Kerja OSMA 2022-2023. Rapat yang mereka selenggarakan ini focus membahas tupoksi dan program kerja tiap bagian. Meski agenda rapat yang sangat padat, para peserta rapat kerja tetap menghadiri rapat dengan antusias.  Semua ide dan usulan mereka keluarkan dan layangkan pada rapat tersebut. Para peserta juga sangat terbantu oleh kehadiran pembina dan para Kepala Bidang yang hadir dalam sidang komisi. Kritik, saran, juga arahan dari para Kepala Bidang diterima dan dimengerti dengan baik oleh peserta rapat.

Walau waktu rapat yang terbilang sangat singkat dan terlalu sedikit, Alhamdulillah palu penutup rapat diketukan presidium sidang sesuai waktu yang direncanakan tepat pada pukul 22.30 WIB. Esok para pengurus akan mulai bekerja optimal dan merealisasikan tupoksi dan program kerja yang mereka sepakati bersama dalam rapat yang alot kemarin. Semoga para pengurus diberi kemudahan dalam menjalankan tugas agar semua yang mereka rencanakan terealisasikan dengan baik. Amiin.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.