almatuq.sch.id – Sabtu, 3 Februari 2024, Pesantren Al-Ma’tuq kedatangan tamu yang terdiri dari para Mahasiswa dari Universitas Universitas Padjajaran (Unpad) Sumedang. Adapun tujuan kunjungan Mahasiswa UNPAD ini adalah pelaksanaan salah satu program dari Mahsiswa UNPAD itu sendiri yaitu UNPAD Goes To School yang bertujuan untuk memperkenalkan Universitas Padjajaran kepada seluruh sekolah-sekolah yang dikunjungi oleh mahasiswa dalam agenda UNPAD Goes To School tersebut.

Siang itu, terdapat 8 Mahasiswa UNPAD yang berkunjung ke Pesantren Al-Ma’tuq yang salah satunya merupakan mahasiswa yang sempat bersekolah di Markaz Al-Ma’tuq. Di antara yang paling mencolok dari para Mahasiswa yang hadir adalah Kak Ale dari Fakultas Kedokteran UNPAD dan Kak Ghifar dari Jurusan Pertanian, karena semangatnya dalam menyampaikan informasi seputar UNPAD. Adapun peserta yang mengikuti acara ini adalah Khidmah dan Santri kelas 12 Pesantren Al-Ma’tuq dari Markaz Al-Ma’tuq maupun Al-Bassam.

Pertama-tama, Masiswa UNPAD menyampaikan terlebih dahulu program yang sedang dilaksanakan saat itu, yaitu UNPAD Goes To School. Kemudian Mahasiswa UNPAD juga memperkenalkan organisasi mereka, yaitu MUSI (Mahasiswa UNPAD Sukabumi). MUSI ini merupakan organisasi Mahasiswa UNPAD yang anggotanya terdiri dari Mahasiswa-Mahasiswa UNPAD asal Sukabumi.

Kemudian Mahasiswa UNPAD mulai menjelaskan materi inti pada acara kala itu, yaitu Informasi seputar Universitas Padjajaran Sumedang. Materi yang pertama, Mahasiswa UNPAD memperkenalkan tentang UNPAD, entah itu tahun berdirinya pada tahun 1957, letak nya yang lebih condong ke Kabupaten Sumedang daripada ke Kabupaten Bandung dan profil UNPAD lainnya.

Setelahnya, Mahasiswa UNPAD memperkenalkan serta menjelaskan fasilitas-fasilitas yang terdapat di UNPAD seperti rumah sakit, klinik, gor, asrama, gedung belajar, ruang Mahasiswa dan berbagai fasilitas penunjang lainnya yang dapat memenuhi kebutuhan Mahasiswa selama berkuliah di UNPAD.

Kemudian Mahasiswa UNPAD melanjutkan dengan menjelaskan poin yang terpenting dalam perkuliahan, yaitu Fakultas, Jurusan beserta Sekolah Vokasi dan informasi jalur masuk serta beasiswa-beasiswa yang terdapat di Universitas Padjajaran.

Setelah berbagai materi disampaikan oleh Mahasiswa-Mahasiswa UNPAD, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari Santri maupun Khidmah Pesantren Al-Ma’tuq kepada Mahasiswa UNPAD soal informasi-informasi UNPAD yang belum dapat dipahami. Alhamdulillah, seluruh pertanyaan yang dilontarkan Santri Pesantren Al-Ma’tuq dapat terjawab oleh Mahasiswa UNPAD dengan sangat rinci dan detail. Semoga kegiatan ini dapat menambah opsi bagi lulusan Pesantren Al-Ma’tuq untuk berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri.

Reporter: Muhammad Abdillah Qisthi
Editor: Lutfi Junaedi Abdillah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

 

Bismillah...

Klik kontak kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Ada yang bisa kami bantu?