almatuq.sch.id – Setelah menyelesaikan kegiatan ujian resume, para santri kelas XII kembali mengikuti kegiatan Pengarahan Khutbah Jum’at dan Imamah pada Senin 25 Agustus 2022 kemarin.

Kegiatan ini berlokasi di Aula Fahd Al-Ma’tuq dan dihadiri oleh Mudir Markaz Al-Ma’tuq beserta jajajarannya serta para asatidzah pembimbing.

Dalam sambutannya, Ustadz Anfalullah menjelaskan tujuan dari kegiatan ini, “Suatu saat nanti, kalau kalian mampir di suatu kampung / masjid, jangan sampai tidak ada pelaksanaan Shalat Jum’at karena tidak ada imam dan khatibnya.”

Bahkan beliau berpesan” Maka, jika kalian nanti jadi seorang dokter, jadilah khatib dan imam di rumah sakit kalian. Mau jadi polisi, pedagang atau pengusaha dan lainnya, jadilah seorang imam dan khatib di tempat kalian berada.”

Alhamdulillah acara yang diselenggarakan berjalan lancar dan mengasyikkan. Sebagaimana biasanya, Ustadz Mumuh selaku pemateri menyampaikan materi dengan cara yang seru dan mudah dipahami. Pada pengarahan tersebut juga, seluruh santri dibagi ke dalam 12 kelompok dengan satu pembimbing di setiap kelompoknya.

Selesai pengarahan, para santri mulai menyusun naskah khutbah jum’atnya masing-masing dalam waktu 1 pekan. Selama masa penyusunan ini, para santri kelas XII juga harus mendapat tashrih yang diberikan oleh pembimbing, sebagai bukti bahwa peserta sudah siap tampil menyampaikan khutbahnya. Artinya sebelum tampil, para santri harus memenuhi kriteria yang telah ditentukan sehingga bisa tampil dengan baik.

Adapun pelaksanaan praktek nya dilaksanakan pada tanggal 03-24 September 2022. Waktu pelaksanaannya yaitu setelah Shalat Ashar; sebelum Shalat Maghrib; sesudah Shalat Maghrib dan setelah Shalat Isya’.

Disamping khutbah jum’at, para santri kelas XII juga menghadapi Praktek Imamah di waktu yang bersamaan. Adapun waktunya, para santri akan tampil sebagai imam di setiap waktu qiyamul lail. Hal ini juga sebagai bentuk pembiasan bagi semua santri. Karena pada saat qiyamul lail santri-santri lain pun dilibatkan untuk menjadi makmum bersama kelas XII lainnya.

Semoga semua santri kelas XII dapat melewati dua ujian praktek ini dengan hasil yang memuaskan. Sukses selalu untuk kakak kelas XII dan terus bersemangat sampai hari kelulusan nanti.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.