almatuq.sch.id – Diantara misi yang dimiliki Pesantren Al-Ma’tuq adalah menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas tinggi dengan metode dan sarana yang selalu mengikuti perkembangan zaman. Untuk merealisasikannya, Markaz Al-Ma’tuq dalam hal ini MTs-MA Al-Ma’tuq rutin melaksanakan Penilaian Kinerja Guru (PKG) tiap tahunnya. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatan mutu pendidikan dan mengevaluasi sepak terjang pendidikan di lembaga pendidikan Markaz Al-Ma’tuq. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Ustadz Syaepul Bachtiar selaku Wakil Kepala Bidang Pendidikan “Tujuan PKG untuk refleksi diri berjalannya pendidikan”. Setidaknya ada tiga poin yang dimaksudkan dalam program PKG ini, yaitu pembinaan guru dan tenaga kependidikan terhadap pedagogik, psikomotorik, dan afektif.

PKG sendiri merupakan program kementrian Agama yang diperuntukkan bagi semua lembaga pendidikan di Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan minimal satu tahun sekali. Namun, dalam hal ini MTs-MA Al-Ma’tuq secara khusus mengadakan PKG selama dua kali untuk setahun. “Minimal satu tahun sekali tapi idealnya dua kali setahun. semester satu dan semester dua” terang Ustadz Syaepul. 

Kriteria penilaian yang harus dikuasai oleh peserta PKG adalah perangkat pembelajaran dan penilaian pengajaran. Nantinya para peserta akan dinilai oleh supervisor yang telah ditentukan yang berjumlah 7 orang supervisor dan setiap peserta PKG akan dinilai oleh satu orang supervisor.

Dalam pelaksanaannya, PKG ini dilaksanakan dalam 2 pekan. Pekan pertama yaitu pada tanggal 05-10 September akan digunakan kunjungan kelas. Dimana para peserta akan dinilai kompetensi mengajarnya sehingga diharapkan dari PKG pekan pertama akan diketahui kompetensi setiap guru dan tenaga kependidikan di MTs-MA Al-Ma’tuq. 

Adapun di pekan kedua yang menjadi target adalah kelengkapan administrasi peserta PKG, artinya yang akan menjadi penilaian adalah perangkat pembelajaran. Teknisnya berbeda dengan kunjungan kelas karena pada pekan kedua peserta akan dikoreksi face to face oleh supervisor. “Seperti intiqodat (koreksi)” singkat Ustadz Syaepul.

Tak banyak kesulitan yang ditemukan dalam PKG pada semester gasal kali ini. “Kesulitannya hanya ada di guru yang baru, karena ada pembelajaran dan administrasi yang harus disesuaikan (oleh peserta)” terang Ustadz Syaepul.

Semoga dari PKG di semester gasal ini dapat mendapatkan hasil sesuai apa yang diharapkan sehingga Mutu Pendidikan di MTs-MA Al-Ma’tuq semakin meningkat dan berkualitas.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.