almatuq.sch.id – Setiap pagi hari Ahad, Bagian Bahasa Markaz Al-Ma’tuq biasa mengadakan kegiatan rutin yang biasa disebut dengan Muhadatsah atau yang berarti percakapan. Di mana pada kegiatan Muhadatsah ini, seluruh santri dilatih untuk bercakap menggunakan bahasa resmi, entah itu bahasa Arab ataupun bahasa Inggris.

Ada momen penting dan sangat berkesan yang terjadi pada pagi hari Ahad, 28 Januari 2024. Di mana Bagian Bahasa Markaz Al-Ma’tuq mengundang salah satu mahasiswa Universitas Nusa Putra yang berasal dari Yaman yang bernama Al Akh Sayf. Di undang nya mahasiswa tersebut bertujuan untuk menjadi pemateri pada acara talk show bahasa yang dilaksanakan pasca kegiatan Muhadatsah.

Sebelum dimulainya acara talk show tersebut, seperti biasa, seluruh santri mengikuti kegiatan rutin bahasa Muhadatsah, akan tetapi pada kesempatan yang berkesan ini, setelah kegiatan rutin tersebut, santri Markaz Al-Ma’tuq mendapatkan kesempatan untuk mendengarkan kalimat-kalimat seputar bahasa dari Al Akh Sayf mahasiswa Universitas Nusa Putra asal Yaman.

Kala itu, Al Akh Sayf didampingi oleh Kepala Bagian Bahasa, ustadz Ujang Mulya selaku Moderator beserta Staf Bahasa Markaz Al-Ma’tuq, ustadz Ahmad Mukhsin. Pertama-tama Al Akh Sayf memperkenalkan dirinya kepada seluruh santri, di mana beliau memperkenalkan namanya, tinggalnya hingga pendidikan nya di Universitas Nusa Putra dengan jurusan Ekonomi.

Setelah memperkenalkan dirinya, Al Akh Sayf memberikan motivasi-motivasi agar santri-santri Markaz Al-Ma’tuq semangat dalam berbahasa Arab. Selain itu, karena Al Akh Sayf ini merupakan Mahasiswa dengan jurusan Ekonomi, maka Beliau juga Mahir dalam berbicara bahasa Inggris. Maka dari itulah Al Akh Sayf juga memberikan motivasi kepada seluruh santri Markaz Al-Ma’tuq untuk semangat dalam berbahasa Arab maupun Inggris karena semua itu mudah apabila kita memiliki niat dan kemauan yang kuat.

Pada acara Talk Show ini juga, santri-santri diberikan kesempatan untuk bertanya kepada Al Akh Sayf seputar bahasa maupun dunia perkuliahan. Alhamdulillah tak terasa acara yang berkesan ini pun telah berlalu dan semua pertanyaan yang dilontarkan santri Markaz Al-Ma’tuq kepada Al Akh Sayf terjawab dengan jawaban yang memuaskan. Semoga dengan adanya kegiatan Talk Show Bahasa ini, santri Markaz Al-Ma’tuq menjadi tambah termotivasi dan semangat untuk terus berbahasa menggunakan bahasa Arab maupun Inggris. Barakallahufikum.

Reporter: Muhammad Abdillah Qisthi
Editor: Lutfi Junaedi Abdillah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

 

Bismillah...

Klik kontak kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Ada yang bisa kami bantu?