almatuq.sch.id – Telah berlalu 2 pekan masa-masa bimbingan Tadrib Tadris santri kelas 12 Markaz Al-Ma’tuq sejak 7 -22 Oktober 2023. Tibalah pada agenda inti Tadrib Tadris, penilaian praktik mengajar. Penilaian praktik mengajar ini diawali dengan salah seorang santri dari kelas 12 yang akan mengajar serta akan dinilai langsung oleh seluruh penguji dalam satu tempat.

Tadrib Tadris Perdana ini biasanya dilaksanakan di Aula Fahad Al-Ma’tuq yang bisa menampung satu santri kelas 12 yang akan mengajar dan satu kelas yang diajar dan segenap penguji. Santri kelas 12 yang terpilih untuk Tadrib Tadris Perdana ini ialah ananda Zhafran Ahmad yang mengajar santri kelas 8D.

Kegiatan Tadrib Tadris ini berlangsung selama 70 menit di jam ke-2 Kegiatan Belajar Mengajar, tepatnya dari jam 08.10 sampai jam 9.20, dilanjutkan dengan kritik saran serta koreksi dari penguji dan teman kelompok sampai jam 10.30.

Diawal kegiatan Tadrid Tadris, Zhafran Ahmad memasuki ruangan, kemudian mengkondisikan kelas serta membaca kehadiran. Setelah itu, pengajar memulai pelajaran yang diawali dengan pembagian kosa kata, dilanjutkan dengan baca matan yang disusul dengan penjelasannya. Santri diarahkan untuk membaca apa yang tertulis di papan tulis serta menulisnya di buku tulis. Diakhir pelajaran ditutup dengan tanya jawab.

Waktu 70 menit pun telah dilewati bersama, pengajar pun keluar ruangan karena jam pelajaran telah berakhir, kemudian santri kelas 8 keluar ruangan dan kembali ke kelasnya. Santri kelas 12 tetap di Aula Fahad Al-Ma’tuq untuk mendengarkan koreksian dari seluruh penguji. Semoga dengan adanya praktik mengajar ini dapat melatih santri-santri Al-Ma’tuq dalam menyalurkan ilmunya.

Reporetr: Muhammad Abdillah Qisthi
Editor: Lutfi Junaedi Abdillah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

 

Bismillah...

Klik kontak kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Ada yang bisa kami bantu?