almatuq.sch.id – Sabtu, 10 September 2022, Pesantren Al-Ma’tuq kedatangan tamu spesial dari Pondok Pesantren Husnul Khotimah Kuningan Jawa Barat.

Rombongan yang dipimpin langsung oleh Ketua Yayasan Husnul Khotimah ini berjumlah 36 orang, datang berkunjung dalam rangka Studi Tiru Program Bahasa Arab. Kendati demikian hal yang dibahas juga menyangkut program bahasa Inggris di Pesantren Alma’tuq.

Acara dimulai pada pukul delapan pagi. Jajaran pengurus dari Markaz Al-Ma’tuq, Al-Zamil, Al-Bassam dan Al-‘Afaf ikut menghadiri acara di Aula Fahd. Acara diawali oleh prakata dari ketua Yayasan Husnul Khotimah KH. Mu’tamad Lc., M.Pd.

Di dalam prakata yang disampaikan dengan bahasa Arab KH. Mu’tamad mengatakan “Studi tiru ini merupakan upaya peningkatan bahasa di Ma’had Husnul Khotimah dan karena melihat urgensi bahasa Arab”. Kemudian beliau juga menyampaikan tujuan studi tiru ini adalah untuk menjadikan program bahasa di Pesantren Al-Ma’tuq sebagai referensi untuk dipraktekkan di Ma’had Husnul Khotimah, baik secara administratif maupun lapangan.

Hal inipun disambut baik oleh pihak Pesantren Al-Ma’tuq. Pemaparan diawali dengan sejarah singkat Pesantren Al-Ma’tuq yang disampaikan oleh Mudir ‘Am Ustadz Ade Hermansyah “Sejarah ini kami sampaiakan, agar lebih mudah mengerti Pesantren Al-Ma’tuq” terang Ustadz Ade.

Setelah sejarah singkat Pesantren Al-Ma’tuq, pemaparan program bahasa di Pesantren Al-Ma’tuq dipaparkan oleh Ustadz Irwansyah Ramdhani selaku kepala Bidang Pendidikan. Program yang disampaikan seputar kurikulum formal dan non formal, program bahasa bagi warga pesantren; tata tertib Bahasa; sistem pengendalian dan support system berbahasa secara internal ataupun eksternal.

Sebelum ditutup acara dilanjutkan dengan studi lapangan. Para tamu dipersilahkan melihat langsung kegiatan berbahasa di Pesantren Al-Ma’tuq dalam kesempatan ini di Markaz Al-Ma’tuq dan Al-Zamil.

Alhamdulillah seluruh kegiatan acara selesai tepat tengah hari. Sebelum kepulangan, rombongan Pesantren Husnul Khotimah dan Pesantren Al-Ma’tuq saling memberikan cinderamata dan kenang-kenangan. Setelah santap siang bersama dan Shalat Dzuhur berjama’ah, rombongan meninggalkan Pesantren Al-Ma’tuq untuk kembali ke Kuningan. 

Semoga apa yang didapat bermanfaat dan bisa diaplikasikan di Pondok Pesantren Husnul Khotimah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.