almatuq.sch.id – Kegiatan demi kegiatan telah dilewati bersama selama setengah semester, akhirnya tibalah masa ujian yang akan menentukan sejauh mana santri Markaz Al-Ma’tuq dalam memahami pelajaran selama di kelas. Tidak terasa, santri Markaz Al-Ma’tuq pun akan menghadapi Sumatif Tengah Semester (STS) Genap yang dilaksanakan pada hari Senin, 26 Februari 2024 sampai dengan Rabu, 6 Maret 2024.

Satu pekan sebelum pelaksanaan STS Genap ini tiba, seluruh santri pun mulai bersungguh-sungguh dalam belajar nya entah itu di waktu sekolah, sore hari bahkan di malam hari. Seluruh sudut Pesantren juga diramaikan oleh santri-santri yang sedang mempersiapkan dirinya untuk menghadapi ujian.

Ketika pelaksanaan STS Genap ini tiba, santri-santri Markaz Al-Ma’tuq selalu terlihat berangkat lebih awal ke sekolah di pagi hari dengan tujuan agar memiliki banyak waktu untuk mengulang kembali pelajaran-pelajaran nya agar mata pelajaran yang akan diujikan pada hari tersebut dapat dikerjakan dengan baik dan benar.

Masa-masa ujian merupakan momen yang berkesan selama berada di Pesantren, karena terdengar suara-suara hapalan serta bacaan santri-santri Markaz Al-Ma’tuq dari gedung Indonesia\sekolah. Selain itu juga, sebelum ujian dimulai, biasanya seluruh santri Markaz Al-Ma’tuq khusyu’ dalam berdo’a meminta kemudahan dalam ujian.

Setelah berdo’a, soal-soal ujian pun dibagikan dan ketika bel mulai ujian berbunyi, seluruh santri langsung mengerjakan dan menjawab soal-soal yang dibagikan dengan penuh keseriusan dan ketelitian. Seketika itu juga, suasana menjadi hening dan sunyi, seluruh pengawas ruang ujian berkeliling ruang ujian untuk memastikan tidak adanya kecurangan dalam ujian.

Dua mata pelajaran di lewati di setiap hari nya, ujian pada hari tersebut pun usai dan seluruh santri kembali ke asrama nya masing-masing untuk beristirahat sampai waktu Dzuhur tiba, dengan harapan kembali segar dan bugar ketika mempersiapkan diri di waktu sore dan malam untuk menghadapi ujian selanjutnya di keesokan harinya. Semoga santri-santri Markaz Al-Ma’tuq tetap isitiqomah dalam menuntut ilmu dan iklhlas niat karena Allah Ta’ala dalam menuntut ilmu di Pesantren dan di mana pun berada.

Reporter: Muhammad Abdillah Qisthi
Editor: Lutfi Junaedi Abdillah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

 

Bismillah...

Klik kontak kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Ada yang bisa kami bantu?