almatuq.sch.id – Setelah kegiatan demi kegiatan berjalan selama kurang lebih 6 bulan, akhirnya sampailah pada penghujung semester gasal tahun ajaran 2023-2024. Sehubung dengan tibanya akhir semester ini, maka seluruh santri Markaz Al-Ma’tuq akan dihadapi dengan Sumatif Akhir Semester yang menentukan manakah santri yang serius ataupun yang tidak serius ketika mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar selama semester Gasal ini.

Kegiatan Sumatif Akhir Semester (SAS) ini dumulai sejak Senin, 20 November 2023 yang diawali dengan ujian tasmi’ Al-Qur’an setetngah juz sampai dengan Rabu, 22 November 2023. Kemudian dilanjutkan dengan remedial dan ujian susulan tasmi’ Al-Qur’an beserta ujian tasmi’ 10 juz untuk santri kelas 12 dan 6 juz untuk santri kelas 9 dari Senin, 27 November 2023 sampai dengan Rabu, 29 November 2023.

Setelah itu, kegiatan SAS dilanjutkan dengan ujian praktik yang meliputi Bahasa Arab, Bahasa Inggirs, Hafalan Do’a dan Praktik Ibadah. Ujian praktik ini dimulai dilaksanakan dari Kamis, 30 Desember 2023 sampai dengan Sabtu, 2 Desember 2023. Kemudian dilanjutkan dengan ujian tasbit Al-Qur’an yang berlangsung hanya hari Senin, 4 Desember 2023. Ujian Al-Qur’an pun berlalu dan tibalah ujian tulis Sumatif Akhir Semester yang dilaksanakan dari Senin, 3 Desember 2023 sampai dengan Rabu, 13 Desember 2023.

Alhamdulillah, selama kegiatan SAS berlangsung, seluruh santri begitu antusias dan semangat dalam menghadapi kegiatan ujian ini. Apalagi ujian Praktik yang memiliki keunikan di dalamnya karena ada hal -hal baru seperti praktik Haji, Jual Beli, Umroh dan shalat Khauf, Sehingga mendorong santri-santri untuk terus semangat serta senang dalam menghadapi ujian.

Suasana ujian pun terasa dari segala sudut Markaz Al-Ma’tuq, di mana para santri terlihat membawa buku pelajarannya kemanapun santri itu pergi. Selain itu, santri-santri juga menggunakan waktu-waktu istirahatnya seperti waktu tidur siang untuk memantapkan pelajaran yang akan diujikan ketika waktu ujian tersebut tiba. Sehingga hampir setiap waktu yang dilewati oleh para santri dipakai untuk belajar sehingga sangat bermanfaat dalam melaluinya.

Waktu demi waktu terus berjalan hingga ujung kegiatan SAS pada Rabu, 13 Desember 2023. Semoga kesungguhan serta perjuangan santri Markaz Al-Ma’tuq dalam menuntut ilmu di Pesantren dapat menghasilkan kesuksesan di dunia dan akhirat serta bermanfaat bagi diri sendiri dan banyak orang di kemudian hari.

Reporter: Muhammad Abdillah Qisthi
Editor: Lutfi Junaedi Abdillah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

 

Bismillah...

Klik kontak kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Ada yang bisa kami bantu?