almatuq.sch.id – Sabtu, 6 Agustus 2022, ada kegiatan menarik lagi di Al-Ma’tuq. Pasalnya, santri kelas XII akan mengikuti persidangan untuk resume yang telah mereka tulis. Proses penulisan resume yang memakan waktu 3 pekan lebih dan telah mereka susun dibawah arahan para Musyrif, akan dipertanggung jawabkan kepada para penguji dalam sidang kali ini.

Di ruang sidang para santri kelas XII mempresentasikan karya tulis mereka. Kemudian para penguji menilai dan melemparkan pertanyaan seputar poin-poin penting yang harus dijawab oleh penulisnya. Poin-poin tersebut meliputi sistematika penulisan, latar belakang materi yang disusun, dan kandungan-kandungan yang ada di dalam resume tersebut.

Sidang yang diawali pembukaan ini dihiasi cerita dari mudir markaz Ustadz Anfalullah saat sambutannya. Beliau bercerita, “Dulu saat masa perkuliahan, anak pesantren kalau disuruh presentasi pasti sudah bisa, tidak perlu banyak persiapan. Tetapi, kalau disuruh menulis, berbulan-bulan pun belum selesai.” terang mudir yang disusul gelak tawa para hadirin. Kemudian mudir melanjutkan “Makanya, kegiatan ini adalah latihan untuk kalian agar bisa menulis dan presentasi.”

Setelah acara pembukaan selesai, para santri kelas XII menuju ruang sidang masing-masing. Kegiatan ini dibagi ke dalam tujuh kelompok dan ruang sidang, setiap ruang terdiri dari dua Penguji dan satu koordinator ruang. Alhamdulillah, para peserta berhasil melewati kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dan penuh keceriaan dalam wajahnya, meski ada beberapa revisi dalam penulisan resume nya. 

Selamat kepada santri-santri kelas XII. Semoga lahir karya-karya tulis yang fenomenal dan bermanfaat sehingga muncul pejuang-pejuang penuntut ilmu yang membanggakan untuk umat dan bangsa. Aamiin.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.