SELEKSI SERENTAK PENERIMAAN SANTRI BARU DI PESANTREN AL-MA’TUQ

almatuq.sch.id – Rangkaian Penerimaan Santri Baru (PSB) di Pesantren Al-Ma’tuq telah sampai pada tahap seleksi Tes Bacaan Al-Qur’an dan Simulasi Hafalan Al-Qur’an yang dilakukan secara online selama 6 hari dari tanggal 16-23 November 2020.

Total 782 pendaftar yang terverifikasi untuk mengikuti seleksi PSB tahun ajaran 1442-1443/2021-2022. Sebanyak 375 pendaftar di Markaz Al-Ma’tuq, 294 di Markaz Al-Zamil dan Al-‘Afaf dan 113 di Markaz Al-Bassam. Untuk PSB di Markaz Al-Bassam telah dilaksanakan lebih awal pada tanggal 14-15 November 2020.

PSB online di Pesantren Al-Ma’tuq dilaksanakan untuk pertama kalinya sejak awal berdiri sehingga akan mempengaruhi konsep yang pasti tidak serupa dengan PSB offline. Di samping itu, juga untuk meminimalisir potensi penyebaran virus Covid-19 dengan menjauhi kerumunan karena kondisi pandemi yang masih berlanjut hingga saat ini.

Ketua PSB Markaz Al-Ma’tuq Ust. Ajat Sudrajat, S.E. menjelaskan untuk di Markaz Al-Ma’tuq sebanyak 375 pendaftar didistribusikan ke 11 penguji, sehingga rata-rata dalam sehari 66 peserta mengikuti seleksi Tes Bacaan Al-Qur’an dan Simulasi Mengahafal Al-Qur’an.

“Total 375 peserta yang terferivikasi mengikuti ujian dilaksanakan selama 6 hari. Dari 375 kita distribusikan ke 11 penguji, jadi rata-rat 66 orang yang akan kita uji.” Kata Ustadz Ajat.

Ustadz Ajat juga menjelaskan untuk mengurangi miskomunikasi antara calon santri, calon wali santri dan peserta maka pendistribusian informasi dilakukan per grup yang disesuaikan dengan jadwal seleksi, karena konumikasi yang intens harus dijaga.

“Kita sudah membagi distribusi informasi dan segala macam per grup. Jadi Kita buat grup per hariyang sesuai jadwal, sehingga komunikasi yang intens itu yang harus Kita jaga.” Kata Ustadz Ajat.

Pengumuman hasil seleksi akan dilaksanakan pada tanggal 2 Desember 2020 yang bisa dilihat di website resmi pesantren.(am/aml)