almatuq.sch.id – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Pada akhir pekan kemarin, KSM sudah sampai tahap seleksi tingkat Provinsi. Dua siswa MTs Al-Ma’tuq yakni Muhammad Ikhsan & Azra Ziana Raudhatunnisa serta seorang siswa MA Al-Ma’tuq Ali Akbar Al Falaq ikut tampil dalam tahapan tersebut.

Dan pada 14 September 2022 kemarin, Kemenag telah mengumumkan nama-nama juara tingkat Provinsi di halaman website nya https://ksm.kemenag.go.id/web/pengumumanprovinsi.  Alhamdulillah nama Muhammad Ikhsan muncul sebagai juara pada bidang Matematika Teringrasi Tingkat MTs/SMP. Muhammad Ikhsan sebagai perwakilan dari Kabupaten Sukabumi berhasil menyabet Juara ke-3.

Sebelumnya, Ikhsan meraih Juara 2 tingkat Kabupaten/Kota Sukabumi dan lolos ke tahap selanjutnya. “Sangat senang, tidak menyangka bisa juara tiga” terang Ikhsan ketika diwawancarai. Ikhsan sendiri tidak mendapati kesulitan yang banyak ketika mengerjakan soal. Namun, ia mengaku kesulitan disaat persiapan. Selain mendapatkan waktu yang relatif singkat yakni kurang lebih tiga pekan, Ikhsan juga harus rajin berlatih disamping kegiatan Pesantren yang padat.

Soal matematika yang diujikan pun bukan seperti matematika pada umumnya. “Ini kan terintegrasi dengan Agama. Jadi ada hubungannya dengan pelajaran keagamaan. Disisipkan muatan pengetahuan Umum Agama”. kata Ikhsan melanjutkan. Artinya para peserta harus memahami pengetahuan umum ini sebagai pengantar dalam menjawab soal.

Selamat kepada Muhammad Ikhsan yang sukses mengukir prestasinya dan telah membanggakan nama Al-Ma’tuq. Semoga di KSM selanjutnya, prestasi ini dapat dipertahankan bahkan bisa hingga ke tingkat Nasional. Aamiin. Barakallahu fiikum

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.