almatuq.sch.id – Pesantren Tahfizh Al-Bassam kembali menyelenggarakan kegiatan Jilsah Tasmi’ Al-Qur’an Al-Karim 15 juz yang diselenggarakan di Masjid Jami’ Al-Bassam pada 18 September 2021.

Dengan kegiatan tasmi’ 30 juz yang diselenggarakan pada kesempatan yang lalu berjalan dengan sukses, pada tahun pembelajaran 2021-2022 Pesantren kembali menggelar tasmi’ 15 Juz dengan jumlah peserta sebanyak 71 santri. Jika dibandingkan dengan acara tasmi’ sebelumnya hanya 10 santri saja.

Sejumlah 71 santri tersebut dibagi menjadi 31 kelompok dengan masing-masing kelompok dibimbing oleh satu Ustadz yang memantau dan ikut menyimak. Santri selain peserta pun ikut menyimak secara bergilir, setiap 1 juz diganti oleh santri yang lain dan begitu seterusnya.

Tujuan kegiatan ini dilaksanakan untuk melatih santri dalam menyetor hafalannya dengan jumlah yang banyak. Biasanya santri hanya menyetor hafalan satu lembar, setengah juz atau satu juz. Kali ini santri harus menyetor hafalan sebanyak 5 juz, 10 juz hingga 15 juz dalam satu kali duduk. Kemudian tujuan lainya juga adalah melihat kualitas hafalan santri dari segi kematangannya. Kegiatan ini akan menjadi kegiatan rutin Markaz dan untuk kegiatan selanjutnya yaitu acara tasmi’ 30 juz .

Kepala Bidang Tahfizh Al-Qur’an Ustadz Daud Muttaqin, Lc., M.pd. berharap dengan adanya kegiatan ini memperkuat hafalan santri dan membudayakan muraja’ah dalam menghafal Al-Qur’an, juga menjadi motivasi bagi santri-santri lain yang belum bisa mengikuti. Walaupun mereka sekarang hanya sebagai penyimak tapi mereka nanti diharapkan agar bisa mengikuti kegiatan ini selanjutnya.

Mudir Markaz juga menuturkan bahwa program tasmi’ ini merupakan salah satu wujud dari usaha Markaz dalam menjaga kualitas hafalan santri.(pa/iq)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *