almatuq.sch.id – Setiap akhir jenjangnya, biasanya santri Markaz Al-Ma’tuq akan mengikuti ujian Tasmi Al-Qur’an sebanyak 10 juz untuk santri kelas 12 dan 6 juz untuk santri kelas 9. Ujian tasmi’ ini merupakan salah satu syarat kenaikan jenjang bagi santri Markaz Al-Ma’tuq. Di akhir semester gasal ini, Bidang Pendidikan Markaz Al-Ma’tuq mengadakan pembukaan ujian tasmi’ Al-Qur’an yang dilaksanakan pada Senin, 27 November 2023 di Masjid Jami’ Al-Ma’tuq untuk santri kelas 9 dan kelas 12 Markaz Al-Ma’tuq.

Sebelum acara ini dimulai, seluruh santri kelas 9 dan kelas 12 diarahkan menuju masjid sebelum waktu menunjukan pukul 07.00. Tepat pada pukul 07.30, acara dimulai yang dibawakan oleh ustadz Akhdan Sedayu. Kemudian dilanjutkan dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an yang dilantunkan oleh ananda Rafi Fadhilah santri kelas 12 Markaz Al-Ma’tuq. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan laporan ketua panitia yang disampaikan oleh ustadz Muhammad Khobir selaku Kepala Bagian Tahfidz Markaz Al-Ma’tuq.

Usai laporan dari ketua panitia, acara dilanjutkan dengan sambutan Kepala Bidang Pendidikan, ustadz Mumuh Mukhtaruddin. Di mana beliau menyampaikan bawasannya kita sebagai umat muslim harus bisa seperti para sahabat yang terbiasa dengan Al-Qur’an. Beliau juga menyampaikan kepada santri kelas 9 dan kelas 12 bahwasannya sulitnya kita dalam membaca Al-Qur’an atau bahkan menghapalnya itu disebabkan oleh maksiat yang kita lakukan, oleh karena itulah wajib bagi kita untuk menjauhi segala bentuk maksiat.

Setelah sambutan Kepala Bidang Pendidikan Markaz Al-Ma’tuq, panitia juga ikut menyampaikan seputar tata tertib ujian tasmi Al-Qur’an yang disampaikan oleh ustadz Aris Setiawan selaku Mas’ul halqoh. Kemudian dilanjutkan juga oleh ustadz Sutrisna selaku ketua panitia Sumatif Akhir Semester di mana beliau menyampaikan tentang kelengkapan atribut serta ketertiban selama ujian berlangsung.

Sampailah pada penghujung acara pembukaan ujian tasmi’ Al-Qur’an. Kemudian seluruh santri kelas 9 dan kelas 12 langsung menuju kelompok ujiannya masing-masing untuk mengikuti ujian tasmi’ Al-Qur’an ini. Kegiatan ujian tasmi’ ini akan terus berlangsung dengan teknis cicilan pada waktu yang ditentukan sampai dengan akhir tahun ajaran 2023-2025 menjelang Sumatif Akhir Tahun nanti. Semoga Allah beri kemudahan bagi kita semua.

Reporter: Muhammad Abdillah Qisthi
Editor: Lutfi Junaedi Abdillah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

 

Bismillah...

Klik kontak kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Ada yang bisa kami bantu?