almatuq.sch.id – Alhamdulillah, Sudah 3 bulan berlalu sejak pendaftaran penerimaan santri baru (PSB) dibuka pada 25 Agustus 2023, masa-masa pendaftaran serta survei calon santri baru Markaz Al-Ma’tuq, akhirnya pada bulan November ini tepatnya pada tanggal 18, 19 dan 25 November, tes Penerimaan Santri Baru (PSB) pun dilaksanakan dengan total peserta PSB 497 peserta.

Di setiap harinya, kegiatan tes Penerimaan Santri Baru ini dimulai sejak pukul 06.00 yang diawali dengan kesatangan calon santri beserta walinya. Setelah kedatangan, para calon santri beserta walinya diarahkan menuju tempat registrasi kedatangan untuk konfirmasi kehadiran serta penyerahan voucher merchandise dan makan siang serta snack box.

Kemudian seluruh peserta beserta walinya menuju ruang tes masing-masing di gedung sekolah\Indonesia. Sesampainya di gedung sekolah\Indonesia, seluruh peserta tes dari calon santri serta walinya dicek terlebih dahulu kehadirannya oleh penguji. Setelah pengecekan kehadiran tepatnya pada pukul 07.30, seluruh peserta dari calon santri maupun wali santri diberikan kertas tes kuesioner dan diberikan waktu selama 30 menit untuk mengerjakannya.

Setelah tes kuesioner, kegiatan dilanjutkan dengan tes Imla, di mana koordinator ruangan akan menyetel sound yang berisikan kosa kata bahasa Arab dan kemudian dituliskan dengan baik dan benar oleh para peserta calon santri. Di sisi lain, calon wali santri mulai mengikuti tes wawancara di ruangannya masing-masing.

Tes Imla hanya berlangsung selama 15 menit, tepatnya dari pukul 08.00 sampai dengan 08.15. Kemudian dilanjutkan dengan tes simulasi hafalan Al-Qur’an, membaca Al-Qur’an dan wawancara bagi peserta calon santri secara bergantian yang berlangsung kurang lebih selama 4 jam hingga pukul 12.00. Begitu pula dengan tes wawancara bagi calon wali santri yang berlangsung hingga pukul 12.00.

Waktu Dzuhur tiba, seluruh peserta melaksanakan shalat Dzuhur di masjid Jami’ Al-Ma’tuq. Setelah pelaksanaan shalat Dzuhur berjama’ah, seluruh peserta calon santri berserta walinya diarahkan menuju tempat registrasi untuk menukarkan voucher makan siang dan merchandise. Kemudian kegiatan tes Penerimaan Santri Baru pun telah usai, seluruh peserta beserta walinya kembali melanjutkan perjalanannya pulang ke daerah masing-masing.

Semoga seluruh peserta yang diterima di Markaz Al-Ma’tuq bisa istiqomah dan dapat bertahan sejak menjadi santri Markaz Al-Ma’tuq hingga lulus nanti dan semoga kepada para peserta yang belum mendapatkan kesempatan mondok di Markaz Al-Ma’tuq mendapatkan tempat yang juga pendidikan dan lingkungannya sama dengan Markaz Al-Ma’tuq atau bahkan lebih baik.

Reporter: Muhammad Abdillah Qisthi
Editor: Lutfi Junaedi Abdillah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

 

Bismillah...

Klik kontak kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Ada yang bisa kami bantu?