almatuq.sch.id – Alhamdulillah pelaksanaan ANBK MA Al-Ma’tuq berjalan sangat kondusif selama dua hari, yaitu tanggal 29-30 Agustus 2022.

Diawali dengan Apel pembukaan pada hari senin pagi, seluruh peserta dan pengawas mendapat arahan langsung dari Mudir Markaz masing-masing, yaitu Ustadz Anfalullah dan Ustadz Latif Maulana, hafizhahumallahu.

Peserta ANBK adalah santri dan santriwati kelas XI MA yang berjumlah 45 peserta utama dan 5 peserta cadangan. Lokasinya memakai 2 ruang Lab. Komputer secara terpisah untuk ikhwan dan akhwat, setiap ruang ada 2 orang Pengawas, 1 orang Teknisi dan 1 orang Operator. Materi yang diujikan pada ANBK yaitu dua kompetensi dasar yaitu Literasi dan Numerik.

Untuk menghadapi kegiatan ANBK tahun ini, para santri telah mendapat bimbingan belajar selama 1 bulan. Seperti yang disampaikan oleh Kepala MA Al-Ma’tuq, Ustadz Irwansyah Ramdani “Setelah sampling dari Dinas Pendidikan terbit, kita langsung mengadakan bimbingan belajar (bimbel) untuk mereka.” Harapannya dengan diadakan bimbel para peserta ANBK mendapat nilai terbaik. “Hijaulah. Pastinya kita menargetkan nilai hijau (terbaik). Tapi kita lihat hasilnya nanti saja” terang Ustadz Irwansyah setelah ditanya tentang target MA Al-Ma’tuq pada ANBK tahun ini.

Selasa, 30 Agustus 2022, tak berselang lama dari selesainya kegiatan ANBK, pesantren mendapat kehormatan yang istimewa karena kedatangan tamu dar Tim Monev ANBK Kemenag Kanwil Jawa Barat. Rombongan ini dipimpin oleh JFU Kurikulum & Kesiswaan Kab. Sukabumi yaitu Bapak Sofwan Hadi, S.Pd.I, M.Pd dan pejabat lainnya yang ikut hadir yaitu Bapak Maman Hidayat, S.Ag., M.Ag selaku Kasie Penmad Kemenag Kab. Sukabumi; Bapak I. Mahpudin, M.Si  selaku Ketua KKMA Kab. Sukabumi; Bapak H. Badrussalam selaku Ketua Pokjawas Kab. Sukabumi dan Bapak Aziz Abduh Al-Mujahid, SE selaku Operator Kab. Sukabumi yang sekarang sudah bertugas di tingkat Provinsi.

Para Tamu sangat senang dan kagum dengan sambutan hangat dan suasana di Pesantren Al-Ma’tuq. Setelah kegiatan monitoring dan evaluasi laporan kegiatan pelaksanaan ANBK MA Al-Ma’tuq para tamu melanjutkan Shalat Dzuhur berjama’ah dengan para santri di Masjid Jami’ Al-Ma’tuq. Setelah itu mereka menyantap hidangan makan siang bersama di Hotel Ma’wa Al-Ma’tuq sambil mengobrol santai. Kegiatan diakhiri dengan pemberian cinderamata kepada JFU Kurikulum & Kesiswaan.

Semoga dengan silaturahmi dan kunjungan ini, membuat kita semakin yakin dengan kualitas pendidikan dan pengajaran yang ada di Pesantren Al-Ma’tuq. Dan untuk peserta ANBK 2022, semoga mendapat hasil yang terbaik sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama. Amin

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.