almatuq.sch.id – Mulai tahun ajaran 2023-2024, Bidang Pendidikan Markaz Al-Ma’tuq merubah sistem ujian praktik setiap akhir semester nya dengan merujuk pada buku Hisnul Muslim sebagai bahan materinya. Dengan merujuknya bahan materi ujian praktik ke buku Hisnul Muslim ini, maka seluruh jenjang sudah memiliki target ujian praktik nya masing-masing.

Di semua jenjang, materi do’a sehari-hari tetap diujikan. Untuk bahan materi yang membedakan di setiap jenjang tersebut adalah tambahan do’a pilihan dan do’a yang akan dipakai di ujian praktik do’a pada jenjang masing-masing.

Adapun materi-materi yang dipraktikan di setiap jenjangnya pada semester gasal adalah sebagai berikut:

Kelas 7: Do’a sehari-hari, do’a pilihan dan doa’ serta praktik ibadah Wudhu
Kelas 8: Do’a sehari-hari, do’a pilihan dan doa’ serta praktik ibadah shalat Khauf
Kelas 9: Do’a sehari-hari, do’a pilihan dan doa’ serta praktik ibadah shalat Jenazah
Kelas 10: Do’a sehari-hari, do’a pilihan dan doa’ serta praktik ibadah Umroh
Kelas 11: Do’a sehari-hari, do’a pilihan dan praktik Jual Beli
Kelas 12: Do’a sehari-hari, do’a pilihan dan doa’ serta praktik ibadah Haji

Seperti yang disebutkan di atas, ada satu ujian praktik yang dimana seorang santri harus benar-benar mempersiapkan materinya dengan sangat matang, yaitu praktik Haji untuk santri kelas 12. Praktik haji ini merupakan salah satu praktik ibadah yang baru di Markaz Al-Ma’tuq begitupula dengan praktik Jual Beli untuk santri kelas 11, praktik Umroh untuk santri kelas 10, praktik shalat Jenazah untuk santri kelas 9 dan praktik Shalat Khauf untuk santri kelas 8.

Semoga dengan adanya perubahan sistem ujian do’a serta praktik ibadah ini dapat mendorong santri untuk menambah wawasan agamanya dan semoga santri-santri Markaz Al-Ma’tuq juga dapat mengamalkan serta menyampaikan apa yang telah dipelajari selama di Pesantren, ketika sudah berbaur dengan masyarakat.

Reporter: Muhammad Abdillah Qisthi
Editor: Lutfi Junaedi Abdillah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

 

Bismillah...

Klik kontak kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Ada yang bisa kami bantu?