almatuq.sch.id – Alhamdulillah, berbulan-bulan lamanya umat muslim telah menunggu bulan yang dinanti-nanti, akhirnya umat muslim dapat bertemu kembali dengan bulan yang penuh dengan keutamaan dan keberkahan yaitu bulan suci Ramadhan. Bulan suci Ramadhan tahun ini terhitung dan mulai berpuasa pada hari Selasa, 12 Maret 2024, di mana Markaz/Pesantren Al-Ma’tuq mengikuti perhitungan atau keputusan yang ditetapkan oleh Kementerian Agama.

Mulai Senin malam, 11 Maret 2024, shalat Tarawih di Markaz/Pesantren Al-Ma’tuq mulai dilaksanakan. Biasanya pada bulan Ramadhan, setelah pelaksanaan shalat Tarawih di Masjid Jami’ Al-Ma’tuq, sebagian santri ada yang menggunakan waktu nya untuk mengkhatamkan Al-Qur’an selama Ramadhan, ada juga yang menggunakan waktunya dengan membaca buku ataupun bercengkrama bersama teman-temannya. Selain waktu malam, sebagian santri juga ada yang meluangkan waktunya untuk mengkhatamkan Al-Qur’an di waktu sore dan waktu halqoh Shubuh, Itulah momen terbaik yang selalu muncul ketika bulan Ramadhan tiba.

Selain kegiatan-kegiatan mandiri seperti mengkhatamkan Al-Qur’an, Markaz Al-Ma’tuq juga mengadakan kegiatan-kegiatan untuk seluruh santri Markaz Al-Ma’tuq selama bulan Ramadhan di Pondok seperti Ifthor Jami’i yang biasa dilaksanakan di Gedung Serbaguna Aula Auliya, dan kegiatan Dauroh Ramadhan serta Ta’lim Ba’da Dzuhur selama Ramadhan.

Walaupun pada bulan Ramadhan ini banyak kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas berjalan seperti biasa supaya santri-santri Markaz Al-Ma’tuq tidak tertinggal materi-materi yang akan diujikan ketika berlangsungnya Sumatif Akhir Tahun (SAT) nanti.

Semoga bulan Ramadhan tahun 1445 H/2024 M ini bisa memberi banyak manfaat dan kesan yang sangat mendalam bagi santri-santri Markaz Al-Ma’tuq serta dapat mendatangkan rahmat Allah Ta’ala untuk kita semua.

Redaktur: Muhammad Abdillah Qisthi
Editor: Lutfi Junaedi Abdillah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

 

Bismillah...

Klik kontak kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Ada yang bisa kami bantu?