almatuq.sch.id – Pesantren Al-Ma’tuq dipercaya oleh pemerintah Kecamatan Cisaat untuk berkontribusi pada ajang Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Ke-17 Tingkat Kabupaten Sukabumi yang diselenggarakan di Pesantren Al-Matin Sukaraja pada tanggal 23-25 Mei 2021.

Sejumlah dua belas peserta dari Pesantren Al-Ma’tuq sebagai perwakilan atau kafilah dari Kecamatan Cisaat mengikuti lomba pada STQ ke-17 dengan berbagai kategori lomba.

Seperti yang disampaikan oleh Ust. Ali Budiar, M.Pd. selaku Penanggung Jawab peserta dari Pesantren Al-Ma’tuq. Pada awalnya pesantren merasa pesimis untuk mengirimkan utusan mengikuti STQ karena kondisi pandemi. Tidak adanya santri yang tinggal di pesantren dan pembelajaran berjalan via online menjadikan persiapan peserta terbatas, tidak ada bimbingan khusus dan tidak tahu perkembangan peserta.

“Kita (pesantren,Red) pesimis untuk mengirimkan utusan dalam kondisi pandemi. Kita tidak mempunyai santri kemudian tidak ada di pesantren, tidak ada bimbingan khusus untuk mereka karena mereka full kegiatan online. Otomatis kita tidak melihat bagaimana perkembangan mereka untuk menghadapi STQ ke-17 ini.” Ungkap Ust. Ali.

Walaupun diawali dengan rasa pesimis, kabar tidak terduga datang dari hasil lomba STQ. Sesuai SK nomor : 05/STQ-17/kABSI/V/2021, delapan peserta dari Pesantren Al-Ma’tuq meraih juara terbaik dan menjadikan kecamatan Cisaat sebagai juara umum pada STQ ke-17. Peserta terbaik berhak mengikuti pembinaan dengan peserta binaan  LPTQ Kabupaten Sukabumi dan hasil binaan terbaik berhak mewakili Kabupaten Sukabumi pada STQ yang akan diselenggarakan tingkat Provinsi Jawa Barat di bulan Juni mendatang.

“Alhamdulillah, utusan kita dapat meraih cabang-cabang tertentu. Mudah-mudahan ini semua  menjadi penggugah disaat kondisi pandemi, minim pendidikan, minim pembelajaran bahkan mungkin minim prestasi karena tidak ada event-event yang cukup krusial pada masa pandemi ini.” Pungkas Ust. Ali.

Rekapitulasi juara yang diraih peserta yaitu :

·       Terbaik III Hafalan Al-Qur’an 10 juz putra

·       Terbaik II Hafalan Al-Qur’an 10 juz putri

·       Terbaik III Hafalan Al-Qur’an 20 juz putra

·       Terbaik II Hafalan Al-Qur’an 20 juz putri

·       Terbaik I Hafalan Al-Qur’an 30 juz putra

·       Terbaik I Hafalan Al-Qur’an 30 juz putri

·       Terbaik I Hafalan Al-Qur’an 30 juz dan Tafsir Arab putra

·       Terbaik I Hafalan Al-Qur’an 30 juzdan Tafsir Arab putri.

 

Ust. Ali Budiar juga berpesan untuk keluarga besar Pesantren Al-Ma’tuq. Semoga prestasi ini menjadi penggugah disaat kondisi pademi, minim pembelajaran dan prestasi karena tidak ada event yang krusial pada pandemi.

“Event STQ tingkat Kabupaten Sukabumi ini dapat memotivasi seluruh warga Pesantren Al-Ma’tuq terkhusus santri dan santriwati.” Harap Ust. Ali.(am/aml)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *