almatuq.sch.id – Pada tanggal 18 hinga 22 Juli 2022 kemarin, para santri baru mengikuti kegiatan Masa Ta’aruf Santri Baru. MTSB kali ini mengusung tema “Share Goodness in Every Universe”. Acara yang yang berlangsung selama lima hari ini diawali dengan sambutan mudir markaz Ustadz Anfalullah kepada santri baru. Para asatidzah juga turut hadir dalam acara pembukaan MTSB tersebut.

Pada sambutannya di acara MTSB mudir markaz menyebutkan bahwa setelah para santri baru memutuskan untuk belajar di sini artinya mereka telah menjadi bagian dari keluarga markaz Al-Ma’tuq. “Jadi ini adalah rumah kalian” sebut Ustadz Anfalullah.

Sebagaimana tujuan diselenggarakannya MTSB, para santri disuguhkan pengenalan-pengenalan tentang profil dan sejarah Al-Ma’tuq; kegiatan belajar mengajar; kegiatan halqoh al-qur’an; dan kegiatan ekstrakulikuler di Markaz Al-Ma’tuq. Mudir ‘Am Ustadz Ade Hermansyah juga ikut memberikan seminar bagi para santri baru tentang motto ma’had yang harus dipahami dan dihafal oleh semua peserta tak terkecuali.

Kemudian para santri baru juga dikenalkan dengan kegiatan-kegiatan markaz seperti qiyamulail; halqoh Al-Qur’an; Dzikir Pagi dan kemudian di sore harinya para peserta mengikuti games yang menarik.

Setelah makan malam dan sholat Isya’ para peserta MTSB duduk bersama dalam halqoh dengan para mentor dari Asatidzah Khidmah. Sesuai dengan tema yang diusung, para mentor memberikan arahan tentang adab dan akhlak seorang santri. Tak jarang juga dari para mentor yang berbagi cerita seputar pesantren dengan santri baru guna memotivasi mereka.

Para mentor juga memberikan seminar kepada santri setiap malamnya setelah halqoh. Disana para santri baru diajarkan merapihkan lemari dan ranjang, membersihkan kamar, juga cara mengenakan sarung yang rapih. “Agar mereka bisa hidup mandiri” sebut Ustadz Fabian selaku kertua panitia.

Masa ta’aruf yang dipenuhi keseruan ini pun diakhiri dengan penghargaan bagi peserta terbaik dan juga kelompok terbaik pada Jum’at malam tanggal 22 Juli. Tak berhenti di situ, keesokan harinya para peserta melanjutkan kegiatan akhir dengan berenang bersama.  Semoga ilmu-ilmu yang peserta dapatkan menjadi manfaat bagi mereka dalam menjalani kehidupan di pesantren dan menjadi motivasi mereka dalam menuntut ilmu di Markaz Al-Ma’tuq. Barakallahu fiikum.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.