almatuq.sch.id – Di tengah berlangsungnya bulan Ramadhan, Bidang Pendidikan Markaz Al-Ma’tuq melaksanakan rangkaian ujian untuk kelas 9 MTs diantaranya adalah ujian Al-Qur’an. Sebelum pelaksanaan ujian Al-Qur’an ini, Bidang Pendidikan Markaz Al-Ma’tuq juga menyelenggarakan karantina Al-Qur’an untuk kelas 9 sebagai masa persiapan sebelum menghadapi ujian Al-Qur’an yang merupakan salah satu syarat kenaikan jenjang ke jenjang selanjutnya Madrasah Aliyah (MA).

Kegiatan karantina Al-Qur’an ini berlangsung selama satu pekan, terhitung sejak hari Senin. 11 Maret 2024 sampai dengan Sabtu, 16 Maret 2024. Setiap harinya, kegiatan karantina Al-Qur’an ini berlangsung dan berbarengan dengan Kegiatan Belajar Mengajar di kelas untuk santri kelas 7, 8, 10 dan 11.

Pada bulan Ramadhan ini, KBM dimulai sejak pukul 07.30 yang diawali dengan Tilawah Al-Qur’an di kelas masing-masing. Begitu pula dengan kegiatan Karantina Al-Qur’an ini, mulai dilaksanakan pada pukul 07.30. Kemudian di tengah berlangsungnya kegiatan Al-Qur’an tepatnya pada pukul 09.20 sampai dengan 10.00, santri kelas 9 menadapatkan waktu untuk beristirahat sejenak.

Di kegiatan Karantina Al-Qur’an ini setiap santri kelas 9 wajib menyetorkan hafalan yang dimilikinya minimal setengah juz pada setiap harinya. Apabila telah menyetorkan atau muroja’ah hafalan yang dimilikinya, maka santri kelas 9 akan menggunakan sisa waktu Karantina Al-Qur’an nya dengan tilawah untuk mengkhatamkan Al-Qur’an selama Ramadhan.

Semoga kegiatan Karantina Al-Qur’an ini dapat mendekatkan santri Al-Ma’tuq dengan kitab suci Al-Qur’an dan semoga kegiatan ini dapat menjadikan santri-santri Markaz Al-Ma’tuq untuk menjaga Al-Qur’an yang ada di dalam diri nya.

Redaktur: Muhammad Abdillah Qisthi
Editor: Lutfi Junaedi Abdillah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

 

Bismillah...

Klik kontak kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Ada yang bisa kami bantu?