almatuq.sch.id – Sabtu, 27 Januari 2024, Pesantren Al-Ma’tuq kedatangan tamu dari Saudi Arabia yang juga merupakan salah satu murid dari Syaikh Al Bani rahimahullah yang bernama Syaikh Yusuf Ghazal hafidzahullah. Beliau merupakan murid Syaikh Al Bani yang sangat menguasai ilmu Tauhid dan sangat mencintai Sunnah Nabi.

Pada hari yang sama, tepatnya pada Siang hari setelah Shalat Dzuhur berjama’ah, Syaikh Yusuf Al Ghazal diberikan kesempatan oleh Pesantren untuk mengisi kajian pada waktu tersebut. Ketika beliau mengisi kajian di Masjid Jami’ Al-Ma’tuq kala itu, Beliau didampingi oleh Mudir Markaz Al-Ma’tuq, ustadz Anfalullah hafidzahullah sebagai penerjemah saat kajian tersebut. Adapun kajian ini dihadiri oleh seluruh Asatidz, Khidmah dan Santri MA Pesantren Al-Ma’tuq.

Pertama-tama, Syaikh mengawali kajiannya dengan memuji Allah Ta’ala. Kemudian, Syaikh melanjutkan kajiannya dengan muqaddimah yang berisi materi tentang keikhlasan dalam beribadah kepada Allah. Syaikh menjelaskan, bahwasannya beribadah kepada Allah Ta’ala tidak hanya dibarengi keikhlasan akan tetapi perlu juga mengikuti perintah-perintah Nabi nya.

Selama kajian, beliau banyak menjelaskan kepada hadirin bahwasannya mengikuti perintah Rasul dalam beribadah itu merupakan hal yang sangat penting. Mengikuti perintah Rasul dalam beribadah juga merupakan suatu perkara yang dapat menyelamatkan di Akhirat nanti. Begitupun sebaliknya, apabila kita tidak mengikuti perintah Rasul dalam beribadah, maka kita akan sulit untuk selamat di Akhirat nanti.

Satu jam berlalu, materi pun usai, Syaikh langsung memberikan kesempatan bertanya kepada para hadirin. Adapun yang ditanyakan hadirin adalah seputar kehidupan sang guru Syaikh Yusuf Ghazal, yaitu Syaikh Al Bani rahimahullah. Kemudian Syaikh Yusuf Ghazal langsung menjawab dengan sangat detail kehidupan gurunya.

Alhamdulillah, setelah 20 menit sesi tanya jawab, kajian Ba’da Dzuhur saat itu pun usai. Beruntung sekali bagi yang mendengarkan kajian yang disampaikan langsung oleh murid Syaikh Al Bani rahimahullah, Syaikh Yusuf Ghazal hafidzahullah. Semoga kajian yang berlangsung pada hari Sabtu kala itu dapat bermanfaat bagi individu masing-masing serta bagi banyak bermanfaat bagi banyak orang.

Reporter: Muhammad Abdillah Qisthi
Editor: Lutfi Junaedi Abdillah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

 

Bismillah...

Klik kontak kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Ada yang bisa kami bantu?