almatuq.sch.id – Alhamdulillah, Dengan memohon pertolongan Allah Azza wa Jalla, tepat di awal bulan September 2022 ini, insya Allah Pesantren Al-Ma’tuq dalam hal ini Markaz Al-Ma’tuq kembali akan melaksanakan agenda tahunan yaitu Penerimaan Santri Baru (PSB) untuk Tahun Pelajaran 2023-2024. Para orang tua sudah bisa mendaftarkan putranya per tanggal 1 September 2022 dengan mengisi formulir pendaftaran secara online.

Pendaftaran PSB tahun ini dilaksanakan satu bulan lebih awal dibandingkan pelaksanaan PSB di tahun sebelumnya yang di mulai setiap awal Oktober. Dalam wawancara dengan Ustadz Sudrajat selaku Ketua Panitia PSB Markaz Al-Ma’tuq, beliau menjelaskan bahwa “Perubahan jadwal pendaftaran ini dilakukan dengan harapan memberikan kesempatan lebih luas kepada masyarakat dalam mencari alternatif pilihan Pesantren bagi buah hatinya serta mempertimbangkan agenda Pesantren lainnya.

Pada tahun ini juga, penerimaan hanya untuk jenjang MTs dengan kuota sebanyak 90 santri yang akan dinyatakan lulus. Adapun materi yang akan diujikan pada PSB tahun ini beragam, ada tes bacaan Al-Qur’an; simulasi menghafal Al-Qur’an; Imla; kuesioner wawancara calon santri dan kuesioner wawancara calon wali santri.

Dan Alhamdulillah pada tahun ini Markaz Al-Ma’tuq kembali dapat menyelenggarkan PSB secara offline atau tatap muka selama 4 hari yaitu 22-23 & 29-30 Oktober 2022. “Hal ini ditujukan untuk memperoleh hasil yang lebih optimal baik dari sisi peserta maupun panitia, apabila dibandingkan pelaksanaan dilakukan secara online”. Ujar Ustadz Sudrajat.

Adapun syarat pendaftaran yang harus dilengkapi oleh wali santri baru cukup mudah. Calon wali santri yang ingin mendaftarkan putranya harus mengisis formulir pendaftaran di www.almatuq.sch.id beserta infak pendaftaran sejumlah Rp 550.000,00. Setelah itu pendaftaran santri baru harus dilengkapi dengan berkas keterangan dari sekolah/madrasah asal dan hasil medical check up. Formulir medical check up sendiri dapat diunduh di website dan hasil nya hanya dikirim untuk calon santri yang dinyatakan lulus. Jangan lupa, berkas surat pernyataan calon santri dan calon wali santri juga harus dikirimkan ke panitia PSB paling lambat tanggal 21 Oktober 2022.

Catat tanggal pentingnya:

  • Pendaftaran            : 01 September s.d 21 Oktober 2022
  • Tes Masuk              : 22-23 & 29-30 Oktober 2022
  • Pengumuman         : 07 November 2022
  • Daftar Ulang           : 08-15 November 2022

Selamat berjuang para calon santri baru. Semoga langkah kalian menuntut ilmu senantiasa dimudahkan oleh Allah Azza wa Jalla. Sampai bertemu di tes masuk nanti. Dan bagi kalian yang dinyatakan lulus insyaallah akan bergabung bersama kami pada tanggal 08 Juli 2023 sebagai anggota baru Keluarga Besar Markaz Al-Ma’tuq. Barakallahu fiikum.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.