Bagi yang ingin mendownload brosur Pesantren dan mencetaknya sendiri, silakan klik kanan image brosur di bawah ini dan pilih save image as..

PENERIMAAN SANTRI BARU

TAHUN AJARAN 2011/2012

PROGRAM PENDIDIKAN
 
1. Program Mutawassithah (setingkat SMP) dan dilanjutkan ke program Tsanawiyah (setingkat SMA). Siswa akan mendapatkan ijazah resmi negara (Tsanawiyah dan Aliyah) serta ijazah Pesantren.
2. Program I’dad lughawi (persiapan bahasa) bagi siswa non yatim tamatan SMP/sederajat. Dilaksanakan selama satu tahun, selanjutnya bagi yang memenuhi kualifikasi akademik langsung diterima di tingkat Tsanawi pada tahun ajaran berikutnya (2012/2013)
Kuota Penerimaan Santri Baru Tahun Ajaran 2011/2012

Kuota Penerimaan Santri Baru Jenjang Mutawassith I’dad Lughawi
Kls. 1 Kls. 2 Kls. 3
Putera 90 30
Puteri 30 30

KOMPETENSI LULUSAN
Dengan mengikuti seluruh program pembelajaran & kegiatan Pesantren, lulusan diharapkan memiliki kompetensi sebagai berikut:

  • Hafal minimal 6 Juz Al-Quran
  • Memahami Aqidah Ahlussunnah wal Jama’ah sesuai pemahaman salafus-shaleh
  • Memahami ilmu-ilmu syar’i sesuai pemahaman salafus-shaleh
  • Mampu berkomunikasi dengan bahasa Arab dan bahasa Inggris
  • Mampu berpidato bahasa Arab dan bahasa Inggris
  • Menguasai dasar-dasar teknologi informasi

SYARAT-SYARAT PENDAFTARAN
A. Syarat-Syarat Umum (Yatim dan Non Yatim):
1. Dapat membaca al-Quran (baca dan tulis Arab)
2. Bersedia tinggal di Pesantren selama masa pendidikan
3. Menyerahkan kelengkapan administrasi:

  • Isian formulir pendaftaran
  • Fotokopi rapot terakhir
  • Fotokopi STTB dan transkrip nilai (bisa menyusul bila belum keluar)
  • Fotokopi SKHUASBN (Surat Keterangan Hasil Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional)
  • NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dari SD/MI asal
  • Fotokopi akte kelahiran
  • Fotokopi kartu keluarga
  • Surat keterangan sehat dari dokter
  • Pas foto berwarna ukuran 4×6=2 lembar dan 3×4= 2 lembar.

4. Khusus untuk program I’dad Lughawi melampirkan STTB SMP/sederajat dan SKHUN.
5. Menandatangani surat kesediaan mengikuti peraturan yang berlaku di  Pesantren.
6. Lulus seleksi
B. Syarat-Syarat Khusus Yatim:

  1. Usia tidak lebih dari 13 tahun dan telah lulus SD
  2. Surat keterangan wafat ayah kandung dari kelurahan
  3. Menyetujui dan menandatangani surat pernyataan kesediaan mengikuti program pendidikan sampai tingkat Tsanawi (Aliyah)

NB: Seluruh berkas administratif di atas harus sudah dilengkapi sewaktu mendaftar (kecuali STTB bila belum keluar)
 
WAKTU PENDAFTARAN GELOMBANG II

WAKTU

PUTERA

PUTERI

Pendaftaran 27 Maret 2011 s.d 21 Mei 2011
Seleksi 22 Mei 2011 29 Mei 2011
Pengumuman Hasil Tes 26 Mei 2011 2 Juni 2011
Daftar Ulang 1 Juni 2011 8 Juni 2011

Keterangan:

  1. Pendaftaran bisa dilakukan langsung di sekretariat, via email, maupun pos/TIKI
  2. Pendaftaran di sekretariat: jam 07.00 s.d 12.00
  3. Biaya-biaya bisa dikirim melalui rekening giro Muamalat No. 0000677875 a.n. Pesantren Al-Ma’tuq Sukabumi
  4. Tes seleksi dilaksanakan jam 08.00 s.d selesai
  5. Pengumuman hasil tes bisa dilihat di website almatuq.net atau menhubungi sekretariat

AGENDA KEGIATAN AWAL TAHUN AJARAN
1. Chek in calon santri yang sudah diterima
(langsung ditempatkan di asrama Pesantren)  : 17 Juli 2011
2. Masa ta’aruf dan orientasi santri baru        : 18 -19 Juli 2011
3. Awal Kegiatan Belajar semester I                : 20 Juli 2011
4. Pertemuan wali santri baru                         : 24 Juli 2011
MATERI TES

  1. Baca dan tulis bahasa Arab
  2. Tes tertulis pengetahuan dasar Islam & umum meliputi:
  • Pelajaran Agama Islam (PAI)
  • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Inggris
  • Matematika
  • IPA

3. Wawancara

RINCIAN BIAYA

URAIAN BIAYA NON YATIM YATIM KETERANGAN
Pendaftaran 150.000 100.000 Dibayar sewaktu mendaftar
Wakaf Bangunan 2.500.000 Gratis Dibayar ketika daftar ulang
Biaya Perlengkapan (ranjang, kasur, bantal, selimut, seprai, lemari, meja, kursi, peralatan makan) 2.350.000 Gratis Dibayar ketika daftar ulang
Biaya Tahunan (seragam, kaos olahraga, jaket, buku-buku pelajaran diniyyah) 500.000 Gratis Dibayar setiap awal tahun ajaran
Biaya Bulanan (makan 3x sehari, asrama, berobat ringan) 500.000 Gratis Dibayar setiap awal bulan
Administrasi sekolah Gratis untuk semua jenjang pendidikan

 
 
NB: Untuk santri yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler atau kegiatan lainnya yang memerlukan biaya tambahan akan dikenakan biaya sesuai dengan kebutuhan.
SEKRETARIAT PENDAFTARAN
Sekretariat Pesantren: Jl. Kadudampit KM. 3 Cisaat Sukabumi 43152
Jabar Indonesia Tlp. (0266) 229949 Fax. (0266) 221450
Email: almatuq@yahoo.com
Contact Person: 0856-24136-400 (Abu Haitsam Buldan)

4 Comments

  • Yth
    Ust Ade/ Ust Buldan
    Asslm wr wb
    Kiranya Ust Ade/ Ust Buldan bisa memberikan info tentang putri kami yang bernama : Annisa Dinda Listianti, yg berkeinginan masuk Ponpes Almatuq Sukabumi
    Bahwa putri kami tersebut sudah mengikuti test PSB di ponpes Ibnu Taimiyah Bogor, dg hasil lulus cadangan dan direkomendasikan untuk ke Ponpes Almatuq Sukabumi dan diberi kontak No Hp Ust Ade
    Saya sudah konfirmasi lewat sms dan telp lang sung dg Ut Ade, kalo putri saya tersebut tidak perlu ikut test lagi, dg catatan pihak Ibnu Taimiyah memberikan surat keterangan dan hasil testnya
    Jumat 20/5 Ust Ruslan Ketua Panitia PSB Ibnu Taimiyah berjanji akan mengirim surat keterangan tsb, kepada ust Ade
    Mohon informasi, apakah surat kererangantsb sudah diterima pihal Almatuq
    Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih
    Syukron
    Suparyadi
    0818 0749 4471
    0812 938 0374

    • Wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh
      Mohon maaf surat dimaksud belum kami terima
      Barakallahu fikum
      Bidang Administrasi
      Abu Haitsam Buldan

  • Assalamu’alaikum
    YTH Admin dan Pengasuh Alma’tuq
    Afwan, ana mau tanya kapan mulai pendaftaran untuk thn ajaran 2012/2013 utk Mutawasith?
    Juga kuota untuk putri masih tetap sama 30 org?
    Apakah ada prioritas utk calon siswa yg mahir baca Alqur’an dan menulis Arab, tp utk materi lain bisa dikatakan kurang?
    Selain itu adakah prioritas utk daerah sekitar yg terdekat? Misalnya Cianjur.
    Wasalamu ‘alaikum
    A Hadian— Cianjur

    • Wa’alaykumussalam warahmatullah wabarakatuh,
      Untuk Al-Akh A.Hadian:
      Tentang informasi pendaftaran tahun ajaran 2012/2013 insya Allah akan kami posting di website ini awal Januari 2012.
      Barakallahu fikum..

Comments are closed.

×

 

Bismillah...

Klik kontak kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× WhatsApp