almatuq.sch.id – Bulan Ramadhan merupakan salah satu bulan Hijriah yang ditunggu-tunggu umat Muslim dan Santri Markaz Al-Ma’tuq khususnya. Begitu pula dengan kegiatan-kegiatan di dalamnya. Salah satu kegiatan Ramadhan yang ada di Markaz Al-Ma’tuq adalah Ifthor Jama’i atau yang biasa kita ketahui adalah Buka Bersama. Pada bulan Ramadhan tahun 1445 H, Markaz Al-Ma’tuq mengadakan Buka Bersama sebanyak 3 kali yaitu pada hari pertama, kelima dan kesembilan bulan Ramadhan.

Hari pertama Ramadhan tepatnya pada hari Selasa, 12 Maret 2024, Ifthor Jama’i mulai dilaksanakan. Kegiatan Buka Bersama ini dimulai sejak pukul 17.15 yang diawali dengan berkumpulnya santri-santri Markaz Al-Ma’tuq di depan asrama agar tertib ketika berangkat menuju lokasi Ifthor Jama’i yang bertempat di gedung serba guna Aula Auliya.

Setelah seluruh Santri dan Asatid Markaz Al-Ma’tuq berkumpul di lokasi Ifthor Jama’i, kegiatan Dauroh Ramadhan Qobla Ifthor dimulai. Pada hari pertama Ramadhan ini, Dauroh Ramadhan diisi oleh Mudir ‘Am Pesantren Al-Ma’tuq ustadz Ade Hermansyah dengan materi Kisah Abu Bakar Ash-Shiddiq. Setelah dauroh dan menunggu waktu berbuka, sebagian santri ada yang melanjutkan tilawahnya, ada juga yang berdo’a dan ada juga yang bercengkrama dengan teman-temannya.

Adzan berkumandang, seluruh Santri dan Asatidz pun berbuka dan menikmati makanan dan minuman yang sudah ada di depannya. Setelah kegiatan Ifthor Jama’i berakhir, seluruh Santri dan Asatidz Markaz Al-Ma’tuq segera menuju ke Masjid Jami’ Al-Ma’tuq untuk melaksanakan shalat Maghrib berjama’ah. Semoga kegiatan Ifthor Jama’i ini bisa menjadi kegiatan yang dapat menjadikan kita untuk selalu bersyukur dengan nikmat yang Allah berikan dan semoga menjadikan kita untuk selalu mempererat tali silaturahim antara satu sama lain.

Redaktur: Muhammad Abdillah Qisthi
Editor: Lutfi Junaedi Abdillah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

 

Bismillah...

Klik kontak kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Ada yang bisa kami bantu?