almatuq.sch.id – Guna membentuk kesiapsiagaan keluarga Pesantren Al-Ma’tuq dalam menghadapi kemungkinan terjadinya kebakaran, Pesantren Al-Ma’tuq gelar pelatihan penanggulangan kebakaran dengan menggandeng Damkar Kabupaten Sukabumi pada Sabtu, 24 September 2022.

 

Kegiatan yang dilaksanakan di lapangan futsal Markaz Al-Ma’tuq tersebut diikuti oleh seluruh santri putra Markaz Al-Ma’tuq, asatidzah, staf dan petugas keamanan Pesantren. Sedamgkan dari pihak Damkar dikomandoi oleh Bapak Vikry didampingi oleh 5 orang staf.

 

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kemampuan dan keterampilan terhadap setiap warga Pesantren Al-Ma’tuq tentang cara memadamkan api dengan benar menggunakan karung goni dan alat pemadam api ringan (APAR), sehingga apabila terjadi musibah kebakaran, api dapat dengan cepat dipadamkan dan tidak menyebar luas ke area lain.

 

Di awal pelatihan tim Damkar menjelaskan mengenai unsur-unsur pemicu yang dapat menyebabkan terjadinya kebakaran, yaitu adanya panas, udara dan bahan bakar.

 

Pada pelatihan penanggulangan kebakaran ini menggunakan dua teknik pemadaman api, dengan menggunakan karung goni dan APAR.

 

Tim Damkar memberikan tiga simulasi memadamkan api: simulasi saat terjadi kebakaran akibat kebocoran gas pada tabung elpiji, kebakaran pada kompor atau wajan dan simulasi memadamkan api ketika terjadi kebakaran dengan contoh kebakaran di tong yang diisi bensin dan air.

Pada saat kegiatan simulasi dilakukan, warga Pesantren yang hadir terlihat antusias mengikuti jalannya simulasi. Satu persatu dari asatidzah hingga petugas kemanan Pesantren mencoba teknik memadamkan api dengan karung goni dan APAR.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *