Pesantren Al-Ma’tuq dan Al-Bassam Bersiap Menyambut Santri Kembali Pasca Diliburkan Akibat Covid-19



Tim Gugus Tugas Covid-19 saat melakukan peninjauan ke Pesantren Al-Matuq dan Al-Bassam.

Pesantren Al-Ma’tuq dan Al-Bassam Bersiap Menyambut Santri Kembali Pasca Diliburkan Akibat Covid-19

Rabu (8/7), Pesantren Al-Ma’tuq dan Al-Bassam Cisaat Sukabumi, setelah hampir 5 bulan memulangkan santri-santrinya dan hanya mengadakan pembelajaran online dari rumah masing-masing, mulai Juli 2020 ini akan menyelenggarakn kembali pembelajaran tatap muka, setelah mendapat rekomendasi Kementerian Agama dan persetujuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukabumi. Kedatangan santri direncanakan secara bertahap mulai 9 hinggal 28 Juli 2020.

Berbagai persiapan dilakukan pihak Pesantren dalam rangka memenuhi protokol kesehatan yang dicanangkan Pemerintah, mulai dari memperbanyak sarana sanitasi, fasilitas kesehatan, dan baligo-baligo peringatan terkait adaptasi kebiasaan baru yang dipasang di berbagai area Pesantren.

Dalam penyiapan semua sarana itu, Pesantren pun selalu berkoordinasi dengan Dinas terkait dan menerima berbagai arahan dan masukan semaksimal mungkin. Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi, Dinas Kesehatan, dan Gugus Tugas pun memantau langsung persiapan-persiapan yang dilakukan Pesantren.

Pemantauan terakhir dilakukan pada Selasa (7/7), nampak hadir dari Gugus Tugas, Bapak Dedi (Koordinator Sekretariat Gugus Tugas). H. Encep (Kasie Data), Eneng Yulia (Kasi Pengelolaan Informasi Publik), didampingi petugas kesehatan dari Puskesmas Selajambe, drg. H. Umar (Kepala Puskesmas), Maulana Nugraha, Amkl (Kesehatan Lingkungan), Hera Mutiarti, Amk (Promosi Kesehatan), Nuraeni Eka Yuniarti, Am.Kep (Pembina Desa), dan Ratih Anggraeni, Am.Keb (Bidan desa).

Bersama Pimpinan Pesantren, Dr. Ade Hermansyah, dan Gugus Tugas internal bentukan Pesantren, rombongan menyisir semua lokasi sembari memberi arahan-arahan penting demi mengantisipasi kemungkinan mampirnya Covid-19 ke dalam lingkungan Pesantren.

Semoga Allah melindungi warga Pesantren dan semua kaum Muslimin di negri tercinta ini.. (almatuqmedia/abhaitsam)

KUNJUNGAN KEPALA KEMENTRIAN AGAMA KABUPATEN SUKABUMI DI PESANTREN AL-MA’TUQ

almatuq.sch.id – Senin, 8 Februari 2021, Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Sukabumi, Bapak H. Hasen, S.Ag., M.Si, didampingi Kasie Pendidikan Madrasah, Bapak H. Oja Haerul Syam, M.Ag, dan JFU Kurikulum kemenag Bapak Erwan Hermawan, M.Pd melakukan kunjungan dalam rangka silaturahmi dengan pimpinan dan segenap sivitas Pesantren Al-Ma’tuq.

Pesantren yang berada di bawah naungan Yayasan Lajnah Khairiyyah Musytarakah Jakarta ini sangat menyambut baik dan bahagia dengan kunjungan Kepala Kemenag Kabupaten Sukabumi.

Acara silaturahmi antara sivitas dan Kepala Kemenag dilaksanakan di Aula Markaz Al-Zamil. Turut hadir dalam acara tersebut Mudir ‘Am Pesantren Al-Ma’tuq, Ust. Dr. Ade Hermansyah, Lc., M.Pd.I, Mudir Markaz Al-Ma’tuq, Ust. Anfalullah Lc., M.Pd, Mudir Markaz Al-Zamil, Ust. Latif Maulana, Lc., Mudir Markaz Al-Bassam, Ust. Hasan Asy’ari, Lc dan segenap sivitas pesantren.

Di awal sambutan, Mudir ‘Am menceritakan perjalanan Pesantren Al-Ma’tuq dari awal berdiri hingga saat ini yang telah menaungi 5 markaz lembaga pendidikan dari tingkat TK hingga Aliyah. Selain itu Mudir ‘Am juga menjelaskna bahwa Pesantren Al-Ma’tuq memiliki komitmen dalam meningkatkan kontribusi untuk masyarakat, pendidikan santri dan guru.

“Banyak kegiatan kemasyarakatan yang kita laksanakan, kita bekerjasama dengan yayasan yang menaungi kita. Santunan kepada orang-orang miskin, jompo, anak-anak yatim, program kurban, ifthor shoim (buka puasa Bersama,Red) dan lain sebagainya.” Kata Ust. Ade.

“Kita punya komitmen untuk terus meningkatkan kompetensi santri, kemudian juga kompetensi guru baik dari sisi akademik maupun non akademik.” Ujarnya.

“Kita yakin bahwa semakin tinggi kompetensi kita, semakin banyak manfaat yang bisa kita berikan kepada anak didik kita dan yang lainnya. Dan semakin tinggi pula derajat kita di hadapan Allah subhanahu wata’ala.” Tambahnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Kemenag Kabupaten Sukabumi tentang kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap guru. Tidak lupa beliau juga memberikan selamat untuk pesantren yang telah memperoleh Juara 2 Nasional Best Design Creative yang mewakili Kabupaten Sukabumi dan Jawa Barat.

“Sebagai guru tentu ada persyaratan diantaranya ada kompetensi. Kompetensi itu indikator untuk menjadi guru itu ada beberaca cirinya. Kata Bapak Hasen.
.
“Saya ucapkan selamat kepada semua keluarga besar Al-Ma’tuq yang telah menjuari robotik tingkat nasional.” Tambahnya.(am/aml)

KEPALA SEKSI PENDIDIKAN MADRASAH KEMENAG KABUPATEN SUKABUMI LEPAS MTS AL-MA’TUQ MENGIKUTI GRAND FINAL MRC TINGKAT NASIONAL

almatuq.sch.id – Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Bapak H. Oja Haerul Syam, M.Ag, secara resmi melepaskan rombongan tim robotik Al-Ma’tuq yang akan mengikuti Grand Final Madrasah Robotic Competition (MRC) 2020 Tingkat Nasional, Selasa, 2 Februari 2021. Seremonial pelepasan dilakukan di Halaman Gedung Indonesia.

Hadir dalam pelepasan itu JFU Kurikulum kemenag Bapak Erwan Hermawan, M.Pd, Mudir Markaz Al-Ma’tuq Ust. Anfalullah, Lc., M.Pd, Kepala Bidang Pendidikan Markaz Al-Ma’tuq Ust. Irwansyah Ramdhani, S.S., M.Pd, Kepala MTs Al-Ma’tuq Ust. Ali Budiar, M.Pd, Pembimbing Tim Robotik Al-Ma’tuq Japar Sidik, A.Md.T dan Ujang Syamsul Rahman, A.Md.T serta segenap sivitas pesantren.

Azka Zhafran & Rifqi Aunur Rahman, peserta dari MTs Al-Ma’tuq yang mengikuti Grand Final MRC Tingkat Nasional di Universitas Islam As-Syafi’iyah. Mereka bersaing dengan 8 tim lainnya pada kategori Creative yang berasal dari beberapa daerah di Indonesia, seperti DKI Jakarta, Bali dan Gorontalo Pada hari ini, Rabu, 3 Februari 2021.

Dalam kesempatan yang berbeda, pencapaian yang diraih oleh tim Robotik Al-Ma’tuq ini mendapat dukungan dari Kepala Kementrian Agama Kabupaten Sukabumi Bapak H. Hasen Chandra, S.Ag., M.Si. Beliau bangga dan mendoakan tim robotik Al-Ma’tuq yang dapat mengikuti lomba MRC di tingkat nasional.

“Kita berbangga punya Al-Ma’tuq yang terus mencetak siswa-siswa kita untuk menjadi penerus perjuangan syi’ar islam. Dan alhamdulillah pada tahun ini Al-Ma’tuq mengikuti festival robotik tingkat nasional dari sekian sekolah alhamdulillah dari siswa-siswa Al-Ma’tuq terus mendapat kesempatan dalam konteks pelombaan ini.” Kata Bapak Hasen.

“Mudah-mudahan kita doakan anak-anak kita, siswa-siswa Al-Ma’tuq dalam konteks festifal robotik ini mendapat kejuaraan sekaligus menjadi kebarakahan dalam konteks pengembangan pendidikan yang digerakkan untuk kepentingan syi’ar islam.” Tambahnya.(am/aml)

Tim Robotik Al-Ma’tuq Masuk Grand Final MRC 2020 Tingkat Nasional

almatuq.sch.id – Tim Robotik Al-Ma’tuq kategori Creative tingkat MTs ditetapkan sebagai finalis dan berhak untuk mengikuti tahapan penjurian Grand Final Madrasah Robotic Competition (MRC) 2020 antar Madrasah Se-Indonesia Tahun 2020/2021 yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia di Kampus 2 Universitas Islam As-Syafi’iyah pada 07 – 10 Januari 2021.

Tim Robotik Al-Ma’tuq yang dibimbing oleh Japar Sidik, A.Md.T dan Ujang Syamsul Rahman, A.Md.T mengirim 5 tim untuk lima kategori tingkat MTs dan MA. 4 tim tingkat MTs mengikuti kategori, Creative, Internet of Think, Moze Solving dan Sumo IoT dan untuk tingkat MA kategori Creative.

Empat tim tingkat MTs berhasil lolos ke peringkat 30 besar dan mengikuti babak semifinal. Perjuangan keras dan tidak sia-sia akhirnya menetapkan 1 tim Al-Ma’tuq lolos 9 besar dan masuk ke babak final yaitu kategori Creative.

Bapak Jafar Sidik menjelaskan bahwa lomba robotik perlu dukungan dari semua pihak, terutama orang tua dan pesantren. Dan beliau juga berharap pada kompetisi kali ini bisa mendapatkan hasil yang maksimal seperti tahun-tahun sebelumnya bisa mendapatkan juara.

“Bahwa kegiatan ini butuh dukungan dari semua pihak, terutama dari orang tua dan pesantren.” Kata Bapak Jafar.

“Saya sebagai pembimbing berharap bisa mendapatkan hasil yang maksimal seperti tahun-tahun sebelumnya bisa membawa nama baik madrasah di Kabupaten Sukabumi di tingkat Nasional.” Tambahnya.(am/aml)