BERINTERAKSI DENGAN AL-QURโAN
Oleh: Ust. Ade Hermansyah, Lc
โBacakanlah Al-Qurโan untukkku!โ Pinta Rasululullah e kepada Abdullah bin Masโud, salah seorang shahabat yang terkenal ahli baca Al-Qurโan.
โYa Rasulullah! akankah aku membacakan Al-Qurโan untukmu, padahal ia diturunkan kepadamu ?โ tanya Abdullah .
โYaโ jawab Rasullah e.
Selanjutnya, Abdulullah menuturkan: โMaka aku membacakan surat An-Nisaa, ketika sampai di ayat:
” ูููููููู ุฅูุฐูุง ุฌูุฆูููุง ู ููู ููููู ุฃูู ููุฉู ุจูุดููููุฏู ููุฌูุฆูููุง ุจููู ุนูููู ููุคููุขุกู ุดููููุฏูุง“
โMaka bagaimanakah (halnya orang kafir nanti), apabila Kami mendatangkan seseorang saksi (rasul) dari tiap-tiap umat dan Kami mendatangkan kamu (Muhammad) sebagai saksi atas mereka itu (sebagai umatmu). โ (An-Nisaa ; 41)
โCukupโ kata Rasulullah.
Ketika aku melihat kepadanya, ternyata kedua matanya berlinang air mata. (H.R. Bukhari)
Begitulah keadaan Rasulullah e ketika dibacakan Al-Qurโan. Begitu juga kalau beliau membacanya sendiri. Beliau menghayati ayat-demi ayat yang dibacanya, baik ketika membaca Al-Qurโan di dalam shalat ataupun di luar shalat.
Hudzaifah bin Yaman t, menceritakan:
โSuatu malam, aku shalat bersama Rasulullah e. Beliau mulai membaca surat Al-Baqarah, sampai ayat keseratus, aku mengira ia akan ruku. Tapi ternyata beliau melanjutkan bacaannya. Ketika sampai dua ratus ayat, aku mengira ia akan ruku. Ternyata ia melanjutkan bacaannya sampai akhir surat. Aku mengira ia akan rukuโ. Tapi ternyata beliau mulai membaca surat An-Nisa. Setelah selesai surat An-Nisa, beliau ruku. Dalam rukuโnya beliau membaca:
” ุณูุจูุญูุงูู ุฑูุจูููู ุงููุนูุธููู ู “
Rukuโ beliau itu hampir sama lamanya dengan berdiriโฆ kemudian beliau sujud dan sujudnya itu sama dengan rukuโnya. Dalam sujudnya beliau membaca :
” ุณูุจูุญูุงูู ุฑูุจูููู ุงูุฃูุนูููู “
Dalam membaca Al-Qurโan, bila melewati ayat tentang rahmat, beliau memohonnya kepada Allah, dan bila melewati ayat tentang azab, beliau meminta perlindungan kepada Allah darinya. Dan bila melewati ayat tentang kesucian Allah, beliaupun bertasbih. (T.H.R. Ahmad)
Dalam Al-Qurโan Allah banyak mengungkapkan janji-janji untuk orang-orang yang berbuat baik; balasan-balasan untuk orang-orang yang mengabdikan hidupnya hanya untuk-Nya, menceritakan surga dengan segala kenikmatan yang ada di dalamnya. Semua itu memberikan harapan kepada orang yang membacanya, maka sudah sepantasnya ia meminta kebaikan-kebaikan itu kepada Allah.
Di samping itu juga Al-Qurโan banyak mengungkapkan ancaman-ancaman kepada orang-orang yang durhaka kepada-Nya, neraka dengan segala siksa yang ada di dalamnya. Semuanya memberikan rasa takut kepada orang yang membacanya, maka sudah sepantasnya ia memohon perlindungan Allah dari semua itu.
Orang-orang beriman yang takut kepada Allah, akan bergetar hatinya dan merinding seluruh tubuhnya saat mendengar atau membaca ayat-ayat Al-Qurโan,
” ุงูููููู ููุฒูููู ุฃูุญูุณููู ุงููุญูุฏููุซู ููุชูุงุจูุง ู ูุชูุดูุงุจูููุง ู ูุซูุงูููู ุชูููุดูุนูุฑูู ู ููููู ุฌููููุฏู ุงูููุฐูููู ููุฎูุดููููู ุฑูุจููููู ู ุซูู ูู ุชูููููู ุฌููููุฏูููู ู ูููููููุจูููู ู ุฅูููู ุฐูููุฑู ุงูููููู ุฐููููู ููุฏูู ุงูููููู ููููุฏูู ุจููู ู ููู ููุดูุงุกู ููู ููู ููุถููููู ุงูููููู ููู ูุง ูููู ู ููู ููุงุฏู ” (ุงูุฒู ุฑ : 23)
โAllah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al Qur’an yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, maka tidak ada seorangpun pemberi petunjuk baginya.โ (Az-Zumar ; 23)
Allah I memuji orang-orang yang menangis dan bertambah kekhusyuannya saat membaca Al-Qurโan :
” ุฅูููู ุงูููุฐูููู ุฃููุชููุง ุงููุนูููู ู ู ููู ููุจููููู ุฅูุฐูุง ููุชูููู ุนูููููููู ู ููุฎูุฑููููู ููููุฃูุฐูููุงูู ุณูุฌููุฏูุง () ูููููููููููู ุณูุจูุญูุงูู ุฑูุจููููุง ุฅููู ููุงูู ููุนูุฏู ุฑูุจููููุง ููู ูููุนูููุงู()ููููุฎูุฑููููู ูููุฃูุฐูููุงูู ููุจูููููู ููููุฒููุฏูููู ู ุฎูุดููุนูุง ” (ุงูุฅุณุฑุงุก : 107-109)
โKatakanlah: “Berimanlah kamu kepadanya atau tidak usah beriman (sama saja bagi Allah). Sesungguhnya orang-orang yang diberi pengetahuan sebelumnya apabila Al Qur’an dibacakan kepada mereka, mereka menyungkur atas muka mereka sambil bersujud, dan mereka berkata: “Maha Suci Tuhan kami; sesungguhnya janji Tuhan kami pasti dipenuhi”.dan mereka berkata: “Maha Suci Tuhan kami; sesungguhnya janji Tuhan kami pasti dipenuhi”.dan mereka berkata: “Maha Suci Tuhan kami; sesungguhnya janji Tuhan kami pasti dipenuhi”. Dan mereka menyungkur atas muka mereka sambil menangis dan mereka bertambah khusyu`.
Orang-orang yang beriman dianjurkan untuk membaca Al-Qurโan dengan penuh penghayatan yang menimbulkan pemahaman, seakan-akan ia berkomunikasi langsung dengan Allah I, hal itu akan terjadi dalam kondisi-kondisi berikut:
รผ Bila membaca ayat-ayat yang mengandung perintah, ia merasakan bahwa itu adalah perintah Allah I kepada dirinya untuk segera dilaksanakan. Dan ia khawatir bila dirinya tidak mampu melaksanakannya.
รผ Bila membaca ayat-ayat yang mengandung larangan, ia merasa bahwa larangan itu ditujukan oleh Allah langsung kepada dirinya, agar ia menjaga dirinya. Ia pun khawatir dirinya tidak mampu menahan diri dari larangan itu.
รผ Bila membaca ayat-ayat yang mengangkat kisah-kisah orang terdahulu, ia merasakan bahwa Allah I sedang bercerita kepadanya, untuk dijadikan sebagai cermin kehidupan. Jika yang diceritakan itu adalah kisah orang-orang yang beriman dan beramal sholeh, berarti itu adalah tauladan yang harus diikuti. Dan jika yang diceritakan itu adalah kisah orang-orang kafir dan durhaka, berarti sebuah pelajaran agar ia tidak melakukan kesalahan yang sama.
รผ Bila membaca ayat-ayat tentang rahmat, pahala dan surga serta keniโmatan yang ada di dalamnya, ia sangat berharap untuk mendapatkannya, ia menangis karena khawatir dirinya tidak termasuk orang-orang yang mendapatkannya.
รผ Bila membaca ayat-ayat tentang bencana, adzab (siksa) dan neraka serta segala penderitaan yang ada di dalamnya, ia meminta perlindungan kepada Allah, dan ia menangis karena takut kalau-kalau dirinya termasuk orang-orang yang mendapatkannya.
Menangis karena sedih atau takut dan menangis karena gembira adalah, satu hal yang wajar pada makhluq yang bernama manusia. Namun bila menangis itu karena takut kepada Allah, takut kalau dirinya tidak termasuk orang yang mendapatkan rido-Nya, dan takut kalau dirinya termasuk orang yang dibenci oleh-Nya, maka Allah telah menjanjikan balasan yang tiada taranya. Sebagaimana sabda Rasulullah :
” ุนูููููุงูู ูุงู ุชูู ูุณููููู ูุง ุงููููุงุฑู ุนููููู ุจูููุชู ู ููู ุฎูุดูููุฉู ุงูููููู ููุนููููู ุจูุงุชูุชู ุชูุญูุฑูุณู ููู ุณูุจูููู ุงูููููู ” (ุฑูุงู ุงูุชุฑู ุฐู)
โ Dua mata yang tidak akan tersentuh api neraka , mata yang menangis karena takut kepada Allah , dan mata terjaga sambil menjaga di jalan Allah.โ (H.R. Tirmidzi. Dishahihkan oleh Syaik Albani dalam Shahih wa Dha’if Sunan at-Tirmidizi, no. 1639)
Menangis saat membaca Al-Qurโan adalah kebiasaan para shahabat Rasulullah e. Abu Bakar Shiddiq t misalnya, diriwayatkan bahwa beliau membangun mesjid di pekarangan rumahnya. Di situ ia shalat dan membaca Al-Qurโan. Perempuan-perempuan musyrik dan anak-anak kecil sering berkumpul di dekat mesjid itu, mereka kagum ketika mendengarkan ayat-ayat Al-Qurโan yang dibaca oleh Abu Bakar. Beliau selalu menangis saat membaca Al-Qurโan.
Umar bin Khoththob t, suatu ketika mengimami shalat, ketika ia membaca ayat-ayat Al-Qurโan ia pun menangis, sampai terputus bacaannya. Tangisannya terdengar sampai tiga shaf ke belakang.
Begitulah, semakin banyak kita membaca biografi para shahabat, semakin banyak kita temukan bahwa mereka adalah orang-orang yang selalu menangis saat membaca Al-Qurโan.
Interaksi para shahabat dengan Al-Qurโan saat mereka membacanya, juga diwujudkan dalam perilaku hidup mereka. Hasan Al-Bashri berkata: โSesungguhnya orang-orang sebelum kalian (para shahabat) menganggap bahwa Al-Qurโan itu adalah surat dari Allah Yang menciptakan mereka, maka mereka membaca dan merenungkannya di waktu malam, lalu mereka laksanakan di waktu siang.โ
Perilaku para ahli Qurโan itu terlihat berbeda dengan kebanyakan orang. Mereka memiliki keistimewaan dibandingkan manusia pada umumnya. Abdullah bin Masโud berkata: โHendaklah seorang ahli Qurโan itu diketahui pada saat malam hari ketika orang-orang tidur, di siang hari ketika orang-orang tidak puasa. Diketahui kesedihannya di saat orang-orang bergembira, tangisnya saat orang-orang tertawa, diamnya saat orang-orang berbicara dan kekhusyuannya di saat orang-orang lalai.โ
Fudhail bin โIyadl berkata: โAhli Qurโan adalah pembawa bendera Islam, tidaklah pantas bila ia berleha-leha, lalai dan melakukan perbuatan sia-sia bersama orang-orang yang melakukannya, sebagai bukti rasa hormat dan pengagungannya terhadap Al-Qurโan.โ Dalam kesempatan lain Fudhail juga mengatakan: “Tidak pantas bagi ahli Qurโan mempunyai kebutuhan kepada seorang khalifah (raja), apalagi bawahan- bawahannya.โ
Ketenangan jiwa para ahli Qurโan, kedewasaan mereka dalam berfikir, kematangan mereka dalam bersikap dan kistiqamahan mereka dalam bertindak dan bertingkah laku adalah, cermin kebersihan jiwa dan hati mereka yang telah mendapat sentuhan Qurโan, membuat seluruh gerak-gerik mereka dalam bingkai nilai-nilai agung yang terkandung dalam Al-Qurโan. Maha benar Allah Yang menyatakan dalam firman-Nya :
” ููุงุฃููููููุง ุงููููุงุณู ููุฏู ุฌูุงุกูุชูููู ู ู ูููุนูุธูุฉู ู ููู ุฑูุจููููู ู ููุดูููุงุกู ููู ูุง ููู ุงูุตููุฏููุฑู ููููุฏูู ููุฑูุญูู ูุฉู ููููู ูุคูู ูููููู()ูููู ุจูููุถููู ุงูููููู ููุจูุฑูุญูู ูุชููู ููุจูุฐููููู ููููููููุฑูุญููุง ูููู ุฎูููุฑู ู ูู ููุง ููุฌูู ูุนูููู(ูููุณ : 57- 58)
โHai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman. Katakanlah: “Dengan kurnia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Kurnia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan”. (Yuunus ; 57-58)
Dan jangan lupa bahwa para ahli Qurโan adalah orang-orang istimewa di sisi Allah I. Rasulullah e bersabda:
“ุฅู ููู ุฃูููู ู ู ุงููุงุณ.” ูุงููุง: “ู ู ูู ูุง ุฑุณูู ุงูููุ” ูุงู: “ุฃูู ุงููุฑุขู ูู ุฃูู ุงููู ูุฎุงุตุชู”
“Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga dari manusia.”
Para Sahabat bertanya: “Siapakah mereka wahai Rasulullah?”
Rasulullah menjawab: “Ahli Qur’an adalah keluarga dan orang istimewa bagi Allah I” (H.R. Nasai, Ibnu Majah dan Hakim. Dishahihkan oleh Syaikh Albani dalam Shahih at-Targhiib wat Tarhiib, no. 1432.
Bisakah kita menjadi bagian dari mereka ?