almatuq.sch.id – Alhamdulillah pada Senin, 1 Agustus 2022 bertepatan dengan tanggal 3 Muharram 1444 H, Markaz Al-bassam Ma’had Al-Matuq melaksanakan kegiatan “Apel Pembukaan KBM Semester Gasal Tahun Pelajaran 2022-2023 M”.

Dalam apel perdana ini ada hal yang berbeda dari yang sebelumnya, Dimana terdapat wajah-wajah baru yang ikut serta dalam kegiatan tersebut, ada santri-santri baru kelas 7 dan ada juga beberapa asatidzah yang baru bergabung menjadi bagian keluarga besar Markaz Al-Bassam ini. Insyaa Allah dengan wajah baru tentu dibarengi dengan semangat yang baru juga.

Petugas Apel kali ini diisi oleh santri-santri kelas 11 sebagai Moderator dan Pembacaan Tilawah Al-Qur’an, Meskipun ini kali pertamanya bagi mereka, Alhamdulillah acara berjalan lancar dan penuh antusias.

Acara dibuka dengan pembacaan Tilawah Al-Qur’an dan dilanjutkan dengan sambutan dan taujih dari Mudir Markaz; Ustadz Hasan Asy’ari Hamzah, B.A. Dalam sambutannya mudir selalu mengingatkan tentang ketakwaan kepada Allah Subahanahu wata’ala, memantapkan niat sebagai penuntut ilmu; Dipahamkan akan aqidah yang lurus, semangat dalam beribadah kepada Allah Subhanahu wata’ala, Menanamkan karakter/akhlak Qur’ani, akhlak yang mulia, dan menjadi anak yang berbakti serta bersungguh-sungguh dalam belajar dan ketaatan kepada Allah Subahanahu wata’ala.

Adapun sebelum upacara ditutup, santri diberikan pengarahan oleh Kabidendik; Ustadz Wildan Faroz,. BA., M.Pd. Salah satu pesannya menyinggung tentang Pendidikan dan keikhlasan. Santri harus memiliki sikap ikhlas. Ikhlas hanya mengharap Ridho dan karunia Allah Subhanahu wata’ala.

Sebagaimana salah satu hadist Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam yang berbunyi “Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR Muslim, no. 2699).
“Barang siapa belum pernah merasakan pahitnya mencari ilmu walau sesaat, ia akan menelan hinanya kebodohan sepanjang waktu” – Imam Syafi’i

Semoga para santri kita Allah mudahkan untuk menuntut ilmu syari ini, Allah berikan kebaikan, keberkahan dalam setiap aktivitasnya di Markaz. Dan semoga Allah mudahkan juga para asatidzah untuk membimbing dan mendidik para santri.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.