almatuq.sch.id – Pesantren Tahfizh Al-Bassam atau Markaz Al-Bassam merupakan salah satu keorganisasian dari Pesantren Al-Ma’tuq yang berdiri pada tahun 2016 silam.

Markaz yang memiliki moto “Menyebarkan Sunnah Dengan Senyuman & Hikmah” saat ini memiliki 228 santri, 167 santri MTs dan 81 santri MA.

Sebanyak 82 santri dari tingkat MTs dan MA telah menyelesaikan hafalan Al-Qur’an 30 juz. Sisanya memiliki hafalan yang berfariatif dari 2 sampai 26 juz.

Saat dihubungi oleh tim redaksi, Mudir Markaz Al-Bassam Ust. Hasan Asy’ari, Lc. mengungkapkan rasa kebahagiaanya dengan adanya 82 santri yang telah menyelesaikan hafalan Al-Qur’an 30 juz.

“Alhamdulillah, kami dan khususnya saya sendiri merasa sangat bahagia sekali dengan adanya 82 santri yang hafal 30 juz itu sudah mencapai 35% dari total santri 228 yang ada di Al-Bassam.” Kata Ust. Hasan.

Beliau juga menjelaskan bahwa membuat santri hafal Al-Qur’an itu adalah sebuah tantangan untuk para pendidik di Markaz Al-Bassam. Beliau juga berharap selain hafal juga bagaimana Al-Qur’an itu bisa membekas di hati dan akhlak santri.

“Ini juga sebagai tantangan bagi kami para pendidik di markaz untuk mendidik mereka agar menjadi pengahafal Al-Qur’an yang bisa meraih sifat yang disebutkan Nabi Shallahu ‘alaihi wasallam, “keluarga Allah dan orang-orang khusus Allah” yaitu penghafal Al-Qur’an yang tidak hafal saja tapi mereka memahami makna dan kandungan ayat Al-Qur’an yang mereka hafal serta yang paling penting adalah mengamalkan isi Al-Qur’an dan berkahlak sesuai dengan akhlak Al-Qur’an.” Tambah Ust. Hasan.(am/aml)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *