almatuq.sch.id – Hari kesepuluh bulan muharram telah tiba. Hari tersebut merupakan hari yang sangat spesial bagi kaum muslimin. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah Muharram”. Dalam rangka mengajarkan sunnah-sunnah kepada para santri, pesantren mewajibkan semua santri dan asatidzah untuk berpuasa ‘asyura.

Tidak hanya puasa bersama, 10 Muharram kemarin dimeriahkan oleh acara Iftor Jama’i atau buka bersama yang diikuti oleh seluruh santri dan asatidzah. Kegiatan ini digelar di Lapangan Futsal besar Markaz Al-Ma’tuq.

Sejak siang hari, seluruh anggota HI dan OSMA sudah sibuk melakukan persiapan kegaitan iftor di dapur, mulai dari melipat kardus box nasi, memasukkan nasi dan lauk pauk, mengangkut dan menyajikan hidangan ke lokasi Iftor sampai mengatur barisan para santri agar tetap rapih dan tertib. Setidaknya ada 648 porsi yang telah disiapkan untuk kegiatan ini.

Tepat Pukul 17.30 WIB, para santri dan asatidzah sudah duduk berbaris rapih menunggu waktu berbuka. Tak sedikit ditemukan momen para santri dan asatidzah yang berdo’a dan berdzikir. Tak lupa kalimatu-syukr (Ucapan terima kasih) disampaikan kepada Syaikh ‘Abdul Hamid Al-Ma’tuq dan keluarga yang telah memberikan dukungan penuh pada kegiatan ini.  Jazakumullah khairan ahsanal jaza.

Alhamdulillah acara berlangsung lancar dan penuh khidmat. Semoga program ini menjadi satu pembiasaan bagi para santri untuk mengerjakan sunnah-sunnah Rasulullah shallalllahu ‘alaihi wa sallam.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.