Markaz Al-Ma’tuq merupakan lembaga pendidikan yang mengutamakan mata pelajaran Al-Qur’an, karena Al-Qur’an merupakan Kitabullah, maka dari itu salah satu syarat kenaikan kelas ialah lulusnya mata pelajaran Al-Qur’an ini. Ujian Al-Qur’an ini biasa dilaksankan di setiap awal Penilaian Tengah maupun Akhir Semester.

Setelah Apel pembukaan PTS Ganjil, para santri langsung menuju tempatnya masing-masing untuk mengikuti ujian Al-Qur’an ini. Suasana ujian begitu terasa ketika Ujian Al-Qur’an ini dimulai, karena di setiap koridor, lorong, pinggir taman hingga pinggir bangunan, terdengar suara-suara para pejuang yang sedang menguatkan hafalannya sebelum namanya dipanggil untuk mendapatkan giliran ujian.

Setelah namanya dipanggil, santri tersebut langsung menuju penguji yang akan mengujinya. Setelah itu, santri tersebut membacakan setengah juz dari target yang ditentukan tanpa melihat mushaf. Sementara itu, penguji mendengarkan dengan seksama bacaan santri tersebut.

Setelah selesai ujian Al-Qur’an, para santri langsung menuju ke kamarnya masing-masing, kemudian mempersiapkan pelajaran yang akan diujikan keesokan harinya. Semoga para santri Markaz Al-Ma’tuq bisa menjadi orang yang di hatinya selalu tertanam Al-Qur’an.

Reporter: Muhammad Abdillah Qisthi
Editor: Lutfi Junaedi Abdillah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

 

Bismillah...

Klik kontak kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Ada yang bisa kami bantu?