almatuq.sch.id – Sukabumi, 20 – 21 Juni 2023, Pesantren Al-Matuq, sebuah lembaga pendidikan Islam yang menaungi enam (6) unit markaz, teruji dengan tradisi kepesantrenannya, menjadi tempat penyelenggaraan acara RAKER (Rapat Kerja) yang sangat penting. Acara ini dihadiri oleh Mudir Al Ma’tuq, Al-bassam, Al-Zamil, Al-‘Afaf, serta para kawabid dari semua markaz. RAKER ini berlangsung pada hari Selasa – Rabu, 20 – 21 Juni 2023. Tujuan utama acara ini adalah untuk membahas tiga poin penting, yaitu kaldik 2023-2024, pedoman kesantrian, dan pedoman khidmah.

Pada hari pertama RAKER, para peserta berdiskusi dalam membahas kaldik (kalender pendidikan) untuk tahun 2023-2024. Diskusi ini dipandu oleh Mudir Al Ma’tuq dan melibatkan partisipasi aktif dari Al-Bassam, Al-Zamil, Al-‘Afaf, serta para kawabid markaz. Mereka membahas jadwal kegiatan pendidikan, termasuk kurikulum, agenda keagamaan, dan acara pengembangan diri. Pentingnya memperhatikan jeda waktu antara kegiatan pendidikan dan libur juga menjadi perhatian dalam penyusunan kaldik. Para peserta RAKER berusaha untuk menciptakan kaldik yang seimbang dan memberikan ruang yang cukup bagi santri dan guru untuk berkembang secara holistik.

Hari kedua RAKER diperuntukkan bagi diskusi mengenai pedoman kesantrian. Mudir Al-Bassam dan Kabid Kesantrian Al-Bassam, dengan antusias memimpin diskusi ini. Pedoman kesantrian menjadi pedoman bagi para santri dalam menjalani kehidupan sehari-hari di lingkungan markaz. Diskusi mencakup nilai-nilai Islam, ibadah, etika, kesopanan, dan sikap saling menghormati. Selain itu, para peserta juga membahas tata tertib, tata krama, serta pembinaan karakter santri yang berkualitas. Tujuan dari diskusi ini adalah untuk menciptakan lingkungan kesantrenan yang harmonis, membentuk pribadi yang berakhlak mulia, dan mendorong kehidupan sosial yang sehat di antara para santri.

Terakhir, para peserta RAKER membahas pedoman khidmah, yang merupakan pedoman dalam melaksanakan kegiatan pelayanan civitas pesantren. Pedoman ini bertujuan untuk memastikan bahwa kegiatan khidmah dilakukan dengan penuh rasa cinta, kepedulian, tanggung jawab, profesionalisme, dan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat sekitar.

RAKER gabungan ini merupakan momentum penting dalam menghadapi tahun ajaran baru. Dengan adanya diskusi dan kolaborasi antara Mudir Al-Ma’tuq, Al-Bassam, Al- Zamil, Al-‘Afaf, serta para kawabid markaz lainnya, diharapkan markaz dapat menyusun kaldik yang baik, menerapkan pedoman santri yang kuat, dan melaksanakan kegiatan khidmah dengan penuh dedikasi. Pesantren Al-Matuq sebagai Lembaga yang berperan penting dalam membangun generasi yang berkualitas dan berakhlak mulia, siap menghadapi tantangan dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan umat Islam

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

 

Bismillah...

Klik kontak kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Ada yang bisa kami bantu?