almatuq.sch.id – Perjuangan santri-santri kelas XII untuk meraih kelulusan telah sampai di semester kedua. Pada semester ini masih ada beberapa ujian lagi yang harus mereka lewati, salah satunya adalah ujian praktik pemulasaraan jenazah. Sebelum ujian praktik nanti para santri diberikan pengarahan terlebih dahulu dalam kegiatan Dauroh Pemulasaraan Jenazah.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jum’at (27/1) dan berlokasi di Aula Fahd Al-Ma’tuq. Kegiatan Dauroh yang dihadiri oleh Mudir Markaz Ustadz Anfalullah, Kabid Pendidikan Ustadz Irwansyah Ramdani dan Ustadz Didik Gelar Permana sebagai pemateri serta para Asatidzah lainnya. Materi yang disampaikan yaitu seputar hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai pengurusan jenazah; kemudian tata cara memandikan jenazah; tata cara mengkafani jenazah dan menshalatkan jenazah. Alhamdulillah semua materi dan demonstrasi pemulasaraan jenazah berjalan lancar dan dipahami oleh seluruh peserta.

Tentunya pemulasaraan jenazah sesuai sunnah ini merupakan hal baru bagi seluruh santri kelas XII. Para santri mengaku senang bisa mendapatkan ilmu baru seputar pemulasaraan jenazah dan merasakan manfaat yang sangat berharga. “Manfaatnya nanti di masyarakat, kita bisa turun tangan dalam pemulasaraan jenazah, karena di luar sana belum banyak yang berani karena kurangnya pemahaman dan ilmu seputar pemulasaraan jenazah.” Ujar salah satu peserta.

Hal ini senada dengan apa yang disampaikan Mudir Markaz dalam sambutannya, “Acara ini sangat penting, semua santri tidak hanya mempelajari ilmunya tapi juga harus menguasai ahkamnya sehingga nanti bisa mengamalkannya ketika terjun di masyarkat.” Tegas Ustadz Anfalullah.

Setelah menuntaskan Daurah pada Jum’at kemarin, Insya Allah para santri akan lebih siap untuk mempraktikkan nya dalam kegiatan ujian praktik nanti. Semoga seluruh santri bisa mengikuti ujian dengan baik dan memperoleh nilai yang memuaskan. Tidak hanya mendapatkan nilai namun ilmu yang bisa diambil dari ujian ini kelak bisa diamalkan dengan baik.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

 

Bismillah...

Klik kontak kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Ada yang bisa kami bantu?