Ada Rumah Al-Qur’an di Al-Ma’tuq

quranTahun Ajaran 2014/2015 ini, Pesantren Al-Ma’tuq mempunyai program unggulan Baitul Quran (Rumah Qur’an). Sejumlah santri tingkat Tsanawi diseleksi menjadi penghuni Rumah dengan program spesial menghafal Al-Quran.

Sebenarnya, untuk hafalan Al-Quran, kurikulum Pesantren hanya mewajibkan santri hafal dua juz pertahun, mengingat kegiatan yang padat baik pelajaran di kelas maupun kegiatan ekstrakurikuler.

Namun melihat kebutuhan umat terhadap penghafal al-Quran, juga potensi banyak santri yang mampu menghafal lebih dari target, maka Pesantren mengambil langkah strategis menggodok santri yang punya kemauan kuat hingga mempunyai hafalan yang tidak tanggung, tapi hafal sekalian 30 juz dalam dua tahun insyaallah.

Jika tak bisa semuanya, maka sebagian santri yang berpotensi di bidang Quran jangan dibengkalaikan. Begitu kaidah yang dipegang Pesantren.

Untuk menjadi penghuni rumah ini, memang santri harus rela berkorban; Mereka tak lagi ikut dalam kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler, juga tak boleh aktif di organisasi santri. Kegiatan setor hafalan dan muraja’ah diperbanyak setiap harinya.

Tahun ajaran ini dua belas ksatria yang siap dan telah terpilih menjadi penghuni Rumah Quran, mereka tak lain:  1) Muh Istighfari, 2) Muh Panrais, 3) Firman ZA, 4) Muh Akmal, 5) Adam Mi’raj, 6) Deni Duniardi, 7) Muh Syamsu Arif, 8) Fachru Mukhlisin, 9) Muh Syauqi Labib, 10) Afnan El Habib, 11) Muh Alimudin, 12) R. Noor Fajri

Insya Allah perjuangan kalian menjaga ayat-ayat-Nya tidak akan sia-sia. Semangat ya… (ahb)