Pelatihan Akuntansi di Puncak Bogor

Tiga orang pengasuh Pesantren, Ust. Buldan (sekretaris), Ust. Gaus (bendahara), dan Ust. Herwan (Bidang Usaha), diutus Pesantren mengikuti acara temu wicara dan pelatihan akuntansi yang diselenggarakan oleh Radio AM Muslim bekerjasama dengan Zahir Accounting.

Acara yang dilaksanakan selama tiga hari (13-15/09/2013) ini bertempat di Wisma Hubla Puncak Bogor,  dan berlangsung menarik dan sangat mengena dengan kebutuhan Pesantren seiring perkembangan zaman di dunia teknologi akuntansi.

“Para pengasuh pesantren insyaAllah akan amanah dalam mengelola keuangan Pesantren, namun jika tidak diiringi sistem yang baik dalam pengelolaanya, akan sangat membebani pekerjaan, juga bisa terjadi fitnah akibat pencatatan yang tidak teliti dan cara pelaporan yang tidak transfaran,” demikian di antara yang mengemuka dari para pembicara.

Acara pun banyak diisi dengan simulasi-simulasi pencatatan keuangan menggunakan software yang diproduksi Zahir Accounting. Sebagian besar peserta terkagum-kagum ternyata begitu mudahnya penginputan data, pengelompokan, penjumlahan, bahkan untuk mengetahui posisi kas atau neraca keuangan, hanya dengan menekan ikon-ikon tertentu yang ada di software. Juga kemudahan-kemudahan lainnya yang lebih banyak tak terbahas karena sangat banyaknya di waktu yang terbatas.

Wawasan para peserta pun semakin bertambah dengan adanya suplemen materi dari pakar pendidikan, DR. Ing Cuk Imawan, yang menyampaikan makalah tentang Peranan Boarding School (pesantren) untuk Membangun Generasi Masa Depan, juga informasi penting yang berhubungan dengan kurikulum 2013.

Ahad (15/09/13) siang, ketiga delegasi kembali ke Pesantren dengan membawa sebongkah harapan mudah-mudahan apa yang didapat dalam pelatihan menjadi oleh-oleh yang bermanfaat dan bisa diterapkan dalam sistem keuangan Pesantren yang efektif dan efisien sesuai tuntutan zaman.

(bête)