Hari Pertama UAS Ganjil 2012-2013

Senin (3/12) Langit masih kelabu, daun-daun lembab yang tercuci gerimis tampak hijau berkilap dan burung-burung mulai mencari selarik sinar yang belum terlalu panas untuk menghangatkan tubuhnya.

Pagi itu, jam menunjukkan pukul 07.00, seluruh santri ikhwan dan akhwat berkumpul di lapangan futsal Pesantren Al-Ma’tuq seakan ada laga penting yang akan dihadapi.

Rupanya hari itu adalah hari pertama Ujian Akhir Semester (UAS) Ganjil tahun ajaran 2012-2013. Panitia sengaja mengumpulkan mereka di lapangan untuk mengikuti upacara pembukaan.

Tidak seperti biasanya, Mudir Pesantren hari itu tidak bisa menghadiri acara karena beliau sedang mengikuti multaqo alumni perguruan tinggi Saudi Arabia di Jakarta.

Sebagai gantinya, Kabid Pendidikan, Ust. Irwansyah, menyampaikan taushiah yang mendorong para santri semangat belajar dan tidak berfikir melakukan upaya-upaya tidak jujur dalam pelaksanaan ujian.

Acara dilanjutkan dengan pengumuman-pengumuman terkait tata tertib peserta UAS yang dibacakan oleh Ust. Restu dan penyematan kartu peserta ujian oleh para wali kelas terhadap semua santri.

Benar juga ujian yang akan berlangsung sampai 13 hari ke depan itu adalah laga penting yang tak boleh dihadapi dengan main-main belaka..

Ma’akum an-najah fi ad-darain

(bete)