BUKA BERSAMA DI PESANTREN AL-MA’TUQ

Pikiran Rakyat: Pondok Pesantren Al-Ma’tuq Desa GunungJaya Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi melakukan buka bersama warga dan memberikan santunan anak yatim, Sabtu (6/8). Tak tanggung-tanggung, sekitar 400 santri yang bercampur dengan warga sekitar yang berjumlah 600 orang. Sementara 143 anak yatim santri Pesantren, disantuni oleh Yayasan Al-Ber Society Uni Emirat Arab (UEA) dan Kedubes UEA di Indonesia.

Kuasa Usaha Kedubes UEA di Indonesia Muhammed Shaleh Ahmed El-Tunaijy mengatakan, disamping memberikan santunan terhadap anak yatim, warga sekitar Pondok Pesantren Al-Ma’tuq juga diundang untuk melakukan buka bersama. “Sebagai umat Muslim, kita berbagi dengan Muslim yang ada di sini. Yayasan Bulan Sabit Merah yang berdiri sejak 1996 di Indonesia, menjadi lembaga yang aktif menyalurkan bantuan dari berbagai yayasan yang ada di UEA,” ujar Shaleh yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Ahmad Zawawi,

“Tentu semua bantuan ini juga berkat kemudahan-kemudahan dari pemerintah Indonesia dan bantuan-bantuan ini untuk umat Islam yang ada. Kegiatan sosial seperti ini harus bisa terus berjalan,” katanya.

Ketua Yayasan Al-Ma’tuq Ahmad Zawawi mengatakan, memberi makanan untuk buka puasa tentunya akan mendapatkan pahala seperti halnya orang yang berpuasa. Di kota-kota besar sendiri, hampir diadakan oleh seluruh elemen masyarakat. Kegiatan sosial seperti ini diharapkan bisa terus dilakukan untuk membantu sesama umat Muslim. “Alhamdulillah, hubungan baik dengan pemerintah UEA terus terjaga. Mereka juga sangat peduli dengan sesama umat Muslim yang ada di dunia. Mudah-mudahan kegiatan seperti ini bisa terus berjalan setiap tahun,” kata Ahmad Zawawi.

Sementara itu Dedi warga sekitar mengaku bangga dengan kepedulian para donator terhadap warga. Disamping buka bersama, setiap enam bulan juga para donatur memberi sembako bagi warga sekitar Pesantren. “Alhamdulillah, dengan kepedulian ini juga diharapkan mampu mengangkat keberadaan pesantren untuk lebih baik lagi,” ujar Dedi. (PK-2)***