Pembagian Sembako untuk Janda Jompo

Al-Ma’tuq (4/05/11). Matahari baru saja manampakkan sinarnya, daun-daun dan rerumputan masih menyisakan basah akibat siraman embun pagi, gemericik air yang halus menyusuri sungai-sungai kecil di area Pesantren,  ketika terdengar derap langkah tak biasa beriringan sahut menyahut: Satu orang… dua orang…tiga orang, dan tiba-tiba tenda yang telah kokoh berdiri di lapangan futsal Pesantren Al-Ma’tuq dijubeli sekelompok wanita sepuh yang tak lain adalah janda jompo yang datang dari tiap pelosok desa Gunungjaya.

Bukan, mereka bukan hendak bermain futsal di lapangan kebanggaan Pesantren itu. Tapi sengaja diundang oleh Pesantren untuk menerima paket sembako sumbangan para dermawan Kuwait, jazâhumullâh khairan.

Walau tertera dalam kupon undangan acara akan dimulai pada pukul 10.00, akan tetapi sejak dua jam sebelumnya para tamu undangan telah mulai berdatangan. Lantas dengan sabar ratusan ibu-ibu itu menunggu kedatangan tetamu agung dari Kuwait yang akan membagikan langsung paket berharga yang akan menambah semarak kepulan asap di atap dapur mereka itu.

Sekitar pukul 11.00 sembako pun mulai dibagikan setelah sebelumnya diawali sambutan dan nasehat dari utusan Jam’iyyah Ihya at-Turats al-Islami Kuwait, Syekh Dr. Ahmad Hamud Al-Jassar, dan perwakilan kedutaan Kuwait di Indonesia, yang diterjemahkan secara apik oleh ketua Yayasan Lajnah Khairiyyah Musytarakah Jakarta, Ust. Ahmad Zawawi.

Kunjungan rombongan Kuwait ke Pesantren Al-Ma’tuq ini merupakan rangkaian safari mereka untuk memonitor perkembangan proyek-proyek sosial Jam’iyyah Ihya at-Turats al-Islamy Kuwait di Indonesia, terutama dua Pesantren di bawah binaan Yayasan lajnah Khairiyyah Musytarakah Jakarta; Pesantren Ibnu Taimiyah Bogor dan Pesantren Al-Ma’tuq Sukabumi.

Alhamdulillah ratusan janda jompo di sekitar Pesantren pun turut berbahagia atas kedatangan mereka.