PERTEMUAN WALI SANTRI BARU 2019

Suasana Pertemuan Wali Santri Baru

Kabar Ma’had. Pesantren Al-Ma’tuq menyelenggarakan pertemuan wali santri baru tahun ajaran 2019-2020 yang bertempat di Masjid Pesantren Al-Ma’tuq, Ahad, 30 Juni 2019.

Acara tahunan yang diselenggarakan oleh Pesantren di awal masuk tahun ajaran baru ini, selain untuk silaturahmi, juga untuk saling mengenal dengan keluarga besar Pesantren.

Turut hadir dalam acara tersebut, Mudir Markaz Al-Ma’tuq Ust. Anfalullah, Lc., Mudir Markaz Al-Zamil Ust, Latif Maulana, Lc, asatidzah Pesantren, Ketua Komite MTs Bapak Ir. Cecep Mansur dan Ust. Dr. Erwandi Tarmizi, Lc.,MA.

Dalam sambutannya, Bapak Cecep bercerita tentang pengalaman beliau selama menjadi ketua komite. Beliau juga mengajak wali santri untuk selalu memotivasi anak-anaknya dan mendukung kegiatan dan peraturan yang telah dibuat dan disepakti oleh Pesantren.

“Tidak henti-hentinya kita sama-sama memberikan motivasi kepada putra-putri kita selama melaksanakan kegiatan di Pondok Pesantren ini.” Kata Bapak Cecep.

Ust. Erwandi selaku wali santri dan guru kita semua, beliau memberikan sambutan dan nasihatnya untuk wali santri dan asatidzah. Salah satu cara orang tua mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat adalah dengan mendidik anak-anak menjadi anak yang shalih dengan dibarengi do’a dan tawakkal kepada Allah ‘azza wajal.

“Untuk mendapatkan hal (kebaikan.Red) yang mulia di sisi Allah ‘azza wajal ini, tentu ada asbab (sebab.Red), ada hal-hal yang harus kita lakukan untuk mendapatkan kebaikan dunia akhirat. Diantaranya mendidik mereka menjadi anak yang shalih dan shalihah.” Kata Ust. Erwandi.

“Diantaranya yang paling mulia dan paling utama dan sering terlupakan dalam hal ini adalah berdoa kepada Allah ‘azza wajal.” Tambahnya.

Ust. Erwandi memberikan nasihatnya untuk asatidzah Pesantren agar mengajar dan mengabdi dengan ikhlas serta mengharap ridha Allah ‘azza wajal saja sebagai amal shalih yang akan berguna di akhirat kelak.

“Setiap ilmu yang anda ajarkan, anda sampaikan, anda didikan kepada anak-anak kami tidak akan dilupakan oleh Allah ‘azza wajal menjadi catatan amal shalih anda.” Kata Ust. Erwandi.

Mudir Markaz Al-Ma’tuq Ust. Anfalullah, Lc memberikan sambutan dan pemaparan mengenai Pesantren, kemudian dilanjutkan oleh Mudir Markaz Al-Zamil Ust. Latif, Lc dan asatidzah yang sangat erat hubungannya dengan proses pembelajaran dan peraturan.

Diakhir acara, pembawa acara memberikan kesempatan kepada wali santri yang ingin bertanya langsung kepada asatidzah.

Semoga Allah ‘azza wajal memberikan anak-anak kita kemudahan dan kelancaran dalam menuntut ilmu agama sebagai bekal di dunia dan kahirat.(am/aml)

BELASAN ALUMNI AL-MA’TUQ MEMPEROLEH BEASISWA DI TIGA KAMPUS SAUDI

Kabar Ma’had (28/06). Sebuah kebahagiaan yang sangat luar biasa dirasakan oleh Pesantren Al-Ma’tuq dengan diterimanya belasan alumni yang memperoleh beasiswa belajar di tiga kampus Saudi, kampus yang sangat kondusif dan nyaman untuk belajar agama.

Tiga kampus yang dimaksud adalah Univ. Islam Madinah (UIM), Univ. King Khalid dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Jakarta dan LIPIA Surabaya.

Tahun ini ada tujuh alumni yang diterima di UIM, mereka adalah Firman Zaenal Abidin, Afnan Habib El-Hadi, Mochammad Panrais Shaffat, Fachru Muchlisin, Jayyid Ahmad Mu’afa, Muhammad Akmal Hafizd dan Ihsan Praditya yang semuanya adalah alumni kedelapan kecuali Firman merupakan alumni ketujuh.

Selain mereka, empat alumni diterima di Univ. King Khalid, Bimo Tara Pekerti, Bagas Fauzi Pasha, Alwi Dahlan dan Muhammad Arya Azhar. Serta tujuh alumni angkatan kesembilan diterima di LIPIA Jakarta dan Surabaya, Rijal Al-Fauzan, Wadi Ahmadi, Raihan Satrio Darmadi, Salman Abdul Mu’min, Muflih Al-Husnayain, serta dua alumni yang juga diterima di King Khalid Bagas Fauzi Pasha dan Bimo Tara Pekerti.

Sebelumnya sudah banyak alumni yang melanjutkan pendidikannya di UIM, LIPIA Jakarta dan Surabaya, serta pertama kalinya alumni memperoleh beasiswa di King Khalid. Selain itu, alumni Pesantren juga banyak yang sedang melanjutkan kuliahnya di kampus Ummul Qura’ Mekah, Al-Azhar Mesir, Univ. Erdogan Turki serta Universitas dan perguruan tinggi swasta dan negri di Indonesia, bahkan banyak juga yang mengabdi di masyarakat.

Semoga semakin banyak alumni yang diterima di kampus-kampus yang mereka cita-citakan seperti UIM, terlebih sejak dua tahun lalu Pesantren Al-Ma’tuq telah mendapatkan akreditasi dari kampus UIM sehingga status ijazah Pesantren diakui dan dapat digunakan untuk mendaftar kuliah di kampus tersebut. (am/aml)

Bahagianya Buka Bersama Keluarga Besar Pesantren Al-Ma’tuq

Suasana Buka Bersama di Masjid Jami' Al-Ma'tuq sebelum waktu buka tiba

Humas Al-Ma’tuq, Sukabumi. Buka bersama di pesantren mungkin sudah menjadi sebuah kegiatan yang sudah biasa dilakukan dan dirasakan oleh setiap santri di bulan Ramadhan. Betapa bahagianya ketika asatidzah, staf, karyawan dan santri buka bersama di satu tempat yang sama.

Selasa, 7 Mei 2019, Pesantren Al-Ma’tuq mengadakan buka bersama di dua tempat yang berbeda. Tempat pertama di Masjid Jami’ Al-Ma’tuq dan tempat kedua berlokasi di Aula Markaz Al-Zamil. Di Tempat pertama, acara buka bersama dihadiri oleh keluarga besar pesantren, diantaranya asatidzah, staf, karyawan dan santri. Insyaallah buka bersama ini akan diadakan kembali pada tanggal lima dan tujuh Ramadhan.

Acara buka bersama ini didanai oleh keluarga Syaikh Abdullah Muhammad Al-Ma’tuq Rahimahullah sebagai salah satu donatur utama Pesantren Al-Ma’tuq yang disampaikan melalui kerjasama yang dilakuakan oleh Lajnah Janub Syarqi Asia dengan Yayasan Lajnah Khairiyyah Musytarakah Jakarta.

Semoga Allah Subhanahu wata’ala membalas kebaikan beliau dan keluarganya dengan balasan yang lebih baik.(aml/humas)