KBM Semester Genap Telah Usai, Tibalah Waktu Ujian

Upacara Pembukaan UNBK MTs
Pembekalan Calon Khidmah Angkatan X

Humas Al-Ma’tuq, Sukabumi. Dengan berakhirnya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tahun ajaran 2018-2019 di Pesantren Al-Ma’tuq pada hari Sabtu, 20 April 2019, maka tibalah saatnya Penilaian Akhir Tahun (PAT).

PAT berlangsung dari tanggal 22 April – 11 Mei  2019 dan diikuti oleh santri kelas 7 MTs hingga 11 Aliyah. PAT diawali dengan ujian Al-Qur’an sebagai salah satu ujian penentu santri naik ke kelas berikutnya atau tetap di kelas yang sama, kemudian diikuti dengan ujian lisan dan tulis.

Selain PAT ada juga dua kegiatan serupa yang sedang berlangsung, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) MTs dan Pembekalan Calon Khidmah Angkatan 10.

Sedangkan UNBK kali ini adalah tahun kedua yang dilaksanakan di MTs Al-Ma’tuq. Kegiatan berlangsung dari tanggal 22-25 April 2019 dan diikuti oleh 148 santri putra dan putri . Sebelum UNBK dimulai, kegiatan diawali dengan upacara pembukaan serta pemberian nasihat dan amanat dari Mudir Markaz masing-masing.

Seperti yang dikatakan Ust. Irwansyah Ramdhani, S,S ketika memberikan nasihat dan amanatnya di depan santri putra menggantikan Mudir Pesantren Ust. Ujang Rahmat, Lc yang berhalangan hadir, bahwa kegiatan UNBK di Pesantren Al-Ma’tuq bukanlah kegiatan akhir yang dihadapi oleh santri, akan tetapi masih ada rangkaian ujian lain yang harus diikuti.

“Di Pesantren Al-Ma’tuq UNBK bukan merupakan penutup, hanya yang menjadi salah satu bagian ujian yang harus dilalui oleh kelas 9. Pesantren Al-Ma’tuq dari awal sudah memberikan sarana untuk mempersiapkan diri antum (santri.Red) menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer ini.” Pungkas Ust. Irwansyah.

Disamping itu Ust. Irwansyah juga menjelaskan akan pentingnya kejujuran dalam semua aspek kehidupan termasuk dalam menjawab soal-soal ujian serta tidak lupa selalu dibarengi dengan do’a.

“Selalu berbuat jujur karena kejujuran akan membawa kebaikan pada kita semua”. Pungkas Ust. Irwansyah.

Adapun untuk Pembekalan Calon Khidmah Angkatan 10 berlangsung dari tanggal 22-25 April 2019 dengan rundown acara yang cukup padat dan diisi oleh pemateri-pemateri yang berkompeten di bidangnya masing-masing.

Semoga Allah ta’ala memberikan kemudahan dan kelancaran kepada santri dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diujikan.(aml/humas)